Fadli Zon: Sumenep Layak Jadi Ibu Kota Keris Indonesia

Fadli Zon: Sumenep Layak Jadi Ibu Kota Keris Indonesia Fadli Zon dan Wabup Sumenep Ach. Fauzi

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Kehadiran Wakil Ketua DPR RI di Kabupaten , Madura, Jumat (25/11/2016) membawa angin segar. Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menilai, layak dinobatkan sebagai ibu kota keris di Indonesia. Itu dilihat dari banyaknya perajin keris yang tetap bertahan hingga saat ini.

"Kami mengapreasiasi atas banyaknya perajin keris di ," kata dia saat bertandang di , Jum'at (25/11)

Sesuai data di Disbudparpora , jumlah perajin keris setempat sekitar 700 orang dan tersebar di beberapa desa di tiga kecamatan, yakni Saronggi, Bluto, dan Lenteng. Sejak dulu, tiga kecamatan itu dikenal sebagai sentra perajin keris di .

Fadli Zon menambahkan, sejak 11 tahun Indonesia telah mendapatkan penghargaan dari UNESCO sebagai karya adiluhung warisan kemanusiaan pada 25 November 2005.

Saat di , Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra juga berkunjung ke Asta Sayyid Yusuf di Kecamatan Talango, Pulau Talango, setelah itu Fadli Zon ke Pendopo Agung dan melihat benda-benda bersejarah peninggalan adipati .

"Berdasarkan informasi, museum dan keraton ini merupakan warisan budaya yang masih utuh di Jawa Timur,” jelasnya.

Untuk itu, pihaknya mengimbau agar warisan budaya yang ada di bumi Sumekar terus dijaga, dirawat dan dilestarikan. “Museum di sini masih menyimpan barang-barang peninggalan leluhur secara utuh, dan kami sudah menyaksikan sendiri kebenaran informasi itu,” terangnya.

" adalah salah satu pusat dan kota keris di Indonesia. Oleh karena itu, kami akan melantik pengurus Sekretariat Nasional Perkerisan Nasional (SNKI) Periode 2016-2021 di . Sengaja pelantikan ini ditempatkan di , biar lebih mengesankan," jelas dia.

Dia berharap Pemkab memberikan perhatian dan dukungan penuh kepada para perajin keris setempat sebagai bagian dari menjaga kelestarian karya adiluhung warisan kemanusiaan tersebut. 

Sementara sorenya, Fadli Zon melantik pengurus SNKI Periode 2016-2021 di Desa Aeng Tong Tong, Kecamatan Saronggi. (fai/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Pengangkut BBM Terbakar di Pelabuhan Gayam Sapudi Sumenep':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO