Darurat, Tanggul Kali Porong yang Bocor Diperbaiki Sementara Pakai Sandbag

Darurat, Tanggul Kali Porong yang Bocor Diperbaiki Sementara Pakai Sandbag Genangan air di bawah jembatan mulai surut.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemkab Pasuruan berencana melakukukan pernanganan tanggul kali Porong yang bocor di Dusun Gempoljoyo Kecamatan Gempol secara kedaruratan alias sementara. Hal tersebut disampaikan oleh Ir Hanung Widya Sasangka, Kepala Dinas Dinas Sumbedaya Air dan Tata Ruang saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com, Jum’at (03/03) siang.

Ia menuturkan pihaknya bersama dengan BPBD (Badan Penanggulana Bencana Daerah) sudah melakukan peninjauan di lokasi bocornya tanggul sungai porong. Lanjut ia, Sungai Porong merupakan wewenang BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) Surabaya. Untuk itu, penanganan permanen menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi.

“Kita akan lakukan penanganan kedarutaran di tanggul yang bocor yakni dengan pemasangan sandbag agar kerusakan tidak semakin parah. Kalau untuk penanganan permanan akan diusulkan ke BBWS,“ jelas pria asal Prigen ini.

Seperti diberitakan sebelumnya, ratusan warga Dusun Gempoljoyo Desa Gempol Kabupaten Pasuruan yang rumahnya barada di pinggir tanggul sungai Porong mulai was-was menyusul bocornya tanggul sungai dalam tiga hari terakhir.

Warga harus berjaga-jaga dan bersiaga dengan menyiapkan pompa air apabila debit kali porong tinggi. Pompa air itu untuk menyedot genangan air di bawah rel kereta api untuk selanjutkan dialirkan ke saluran agar tidak menggenani rumah warga. (psr3/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video '6 Hari Terseret Banjir, Petani di Pasuruan Ditemukan Mengapung':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO