Kebiasaan Baik Dr KHA Hasyim Muzadi (1): Telepon Tiap Hari Tanya Respon Publik

Kebiasaan Baik Dr KHA Hasyim Muzadi (1): Telepon Tiap Hari Tanya Respon Publik M Mas'ud Adnan (paling kanan) saat jenguk KHA Hasyim Muzadi di Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang Jawa Timur yang saat itu baru beberapa hari dioperasi. Saat itu Kiai Hasyim Muzadi masih bisa bercanda dengan para kader NU yang menjenguk. Foto: bangsaonline.com

Direktur HARIAN BANGSA dan bangsaonline.com M Mas’ud Adnan punya banyak kenangan dengan KHAHasyim Muzadi yang wafat Kamis, 16 Maret 2017 lalu. Ma’sud Adnan yang kini juga direktur BIOStv ini sangat dekat dengan mantan ketua umum PBNU dua periode ini. Setiap acara penting yang digelar Kiai Hasyim Muzadi, termasuk pertemuan dengan Presiden Joko Widodo secara terbatas, Mas’ud Adnan diundang.

Berikut catatan penting M Mas’ud Adnan tentang Kiai Hasyim Muzadi yang pendiri dua pesantren mahasiswa Al-Hikam Malang Jawa Timur dan Depok Jawa Barat itu:

Pagi-pagi handphone (HP) saya sudah ada miscall 5 kali. Buru-buru saya buka HP. Ternyata telepon dari KH A Hasyim Muzadi yang sehari-harinya saya panggil Abah. Saya pun telepon balik. Begitu nyambung, KHA Hasyim Muzadilangsungtanya, ”Kok sulit sekali sih ditelepon, kemana saja.”

Saya memang punya kebiasaan ”buruk”. Habis salat Subuh tidur lagi. Maklum, saya sering konkow-konkow sampai larut malam. Kalau tidak, saya biasa bangun pukul 2 atau 3 malam. Sehabis salat malam saya nunggu salat Subuh. Usai salat Subuh tidur lagi. ”Wartawan itu memang bangsawan. Biasa tangi awan,” suara Kiai Hasyim Muzadi dari seberang telepon. Saya tertawa.

Hampir tiap hari Kiai Hasyim Muzadi selalu telepon saya. Kadang pagi, kadang siang dan kadang malam. Frekuensinya cukup tinggi untuk ukuran seorang tokoh dan ulama besar. Apalagi beliau pasti selalu dalam kondisi sibuk dengan berbagai acara dan undangan.

Tiap hari Kiai Hasyim Muzadi kadang telepon saya 2 kali, kadang 3 kali, bahkan kadang sampai 5 kali sehari. Tengah malam pun Kiai Hasyim Muzadi telepon saya. Bahkan saat saya lagi ngobrol dan tidur bersama istripun Kiai Hasyim Muzadi telepon saya. Tapi saya tak merasa terganggu. Begitu juga istri saya. Saya justeru senang karena pasti selalu ada hal-hal baru yang saya terima terutama terkait informasi. Apalagi sering dibumbuhi humor-humor segar.

Lihat juga video 'Pastor Sindir Kiai Poligami, Ini Respon Cerdas dan Jenaka KH A Hasyim Muzadi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO