Ngaku Kiai Lasem, Nuduh Gus Dur Syiah, Ini Jawaban Penulis Ensiklopedi Gus Dur

Ngaku Kiai Lasem, Nuduh Gus Dur Syiah, Ini Jawaban Penulis Ensiklopedi Gus Dur KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur)

Beredar video yang memuat pernyataan seorang kiai mengaku keluarga Pesantren Lasem. Namanya Muhammad Ishaq Lasem. Ia menuduh Syiah dan sesat. Kelompok NU garis lurus memang tak pernah berhenti menyerang dan mencaci cucu pendiri NU Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy'ari, meski sudah wafat. 

Tapi benarkah Syiah? BANGSAONLINE.com menurunkan tanggapan KH Mukhlas Syarkun, penulis buku Ensiklopedi . Simak tulisannya di bawah ini:

Tulisan ini bermaksud memberi tanggapan atas tuduhan tersebut. Sebab tuduhan itu berpotensi memecah belah umat. Karena telah ada dalam hati mayoritas umat Islam Indonesia, khususnya warga nahdhiyyin. Terbukti setiap hari maqbaronya diziarahi sekitar 3-4 ribu peziarah. Jika musim libur sampai 5-6 ribu per hari.

Untuk mengawalinya saya tampilkan cerita yang relevan dari KH. Hasyim Muzadi, ketua umum PBNU dua periode. Menurut Kiai Hasyim, suatu saat beliau diminta oleh kiai-kiai NU tabayyun kepada . Soal apa? Soal dimandikan air bunga. Sebagian kiai keberatan karena akan muncul tuduhan macam-macam terhadap . Bahkan sudah ada yang menuduh sesat.

(KH Mukhlas Syarkun)

Lalu Kiai Hasyim Muzadi menyampaikan aspirasi para kiai itu pada . Apa tanggapan ?

“Begini kiai, saya ini santri kalimah tauhid (Lailaha illallah Muhammadur Rasulullah) telah tertanam sejak kecil. Masak iya bisa luntur hanya gara-gara disiram air bunga. Saya melakukan itu sekedar menghormati para pemimpin adat“.

Jawaban singkat itu bisa dipahami. Bahkan memuaskan para kiai bahwa tuduhan macam-macam termasuk tuduan sesat tidak benar adanya.

Saya kira tuduhan Kiai Lasem itu tidak jauh-jauh dari kisah di atas. Apalagi tuduhan sesat yang dilontarkan Kiai Lasem itu soal Syi’ah. Perlu dipahami bukan Syi’ah, tapi memang pernah membela kuam Syi’ah karena menjadi korban persekusi, dan itu pada domain kemanusiaan, bukan masuk ranah aqidah.

Lihat juga video 'Semua Agama Sama? Ini Kata Gus Dur':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO