Kebiasaan Baik KHA Hasyim Muzadi (3): Sedekahkan Uang Ceramah, Diistilahkan Gerimis-Gerimis

Kebiasaan Baik KHA Hasyim Muzadi (3):  Sedekahkan Uang Ceramah, Diistilahkan Gerimis-Gerimis

Kiai Hasyim Muzadi popular sebagai ulama dermawan. Mantan ketua PW GP Ansor Jawa Timur dan Ketua PWNU Jawa Timur itu memang punya karakter menolong orang, terutama kader NU. Saya banyak sekali mendengar informasi baik dari Kiai Hasyim Muzadi sendiri maupun dari teman-teman yang ditolong bahwa kiai pecinta kitab Al-Hikam itu banyak sekali menolong orang.

Bankan banyak kader NU baik yang jadi anggota DPR RI maupun DPRD Jawa Timur karena ditolong Kiai Hasyim Muzadi secara finansial. ”Saya bisa jadi anggota DPR RI karena dibantu Pak Hasyim,” kata seorang mantan anggota DPR RI yang kini jadi pengurus PBNU kepada saya. ”Saya bisa kenal kiai-kiai besar internasional juga karena dibawa Pak Hasyim,” tuturnya lagi.

Seorang teman, mantan anggota DPRD Jatim juga memberi pengakuan yang sama. ”Dulu waktu saya nyaleg dibantu Pak Hasyim. Kalau tidak, saya dapat dari mana uang untuk kampanye,” tuturnya.

Jadi, Kiai Hasyim Muzadi bukan hanya membantu membuka akses, tapi juga membantu secara materi atau finansial. Padahal umumnya kiai justeru disalami uang oleh masyarakat.

Karakter Kiai Hasyim Muzadi memang ibarat hadits yang berbunyi: tangan di atas lebih mulya ketimbang tangan di bawah. Bahkan salam tempel hasil ceramah agamanya sering dibagi-bagikan kepada kader-kader NU. Dan itu sudah menjadi kebiasaan Kiai Hasyim Muzadi sejak menjadi aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) dan mengawali jadi muballigh.

”Dulu saya kalau diundang ceramah kan dapat berkat (nasi hasil kenduri). Teman-teman di tempat kost senang karena bisa makan bersama berkat hasil ceramah,” tutur Kiai Hasyim Muzadi mengenang masa mudanya ketika mengawali karirnya sebagai muballigh kepada saya.

Lihat juga video 'Pastor Sindir Kiai Poligami, Ini Respon Cerdas dan Jenaka KH A Hasyim Muzadi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO