Jasa Tirta izinkan Lahannya Dikelola Pemkot Surabaya

Jasa Tirta izinkan Lahannya Dikelola Pemkot Surabaya Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya, Muhammad Fikser. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ruang terbuka hijau di bantaran sungai Brantas, jalan Irian Barat Surabaya akan disulap menjadi kebun kota dalam 2 hari ini oleh . Hal ini dilakukan, pasca PT selaku pemilik lahan memperbolehkan Pemkot memanfaatkan lahan tersebut.

Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya, Muhammad Fikser mengatakan, PT telah lama menanti rencana Pemkot untuk mengelola lahan di bantaran sungai sepanjang jalan Irian Barat. Para pedagang bunga yang selama ini sewa untuk berjualan, sudah tidak diperpanjang lagi masa kontraknya.

“Hasil koordinasi, PT mempersilahkan Pemkot memanfaatkannya untuk kebun kota. Tidak sewa, tapi berbentuk kerjasama. Pedagang yang sewa sudah tidak diperpanjang lagi per 1 April 2017 lalu,” ungkap Fikser, Kamis (13/4/2017).

Dalam 2 hari ini, menurut Fikser, material pembuatan taman dan tumbuhan yang akan ditanam di lahan tersebut, akan disiapkan agar segera dikerjakan. 27 pedagang bunga yang selama ini berada disekitar lahan tersebut, tidak direlokasi, hanya ditata hingga posisinya menjorok ke dalam.

“Pedagang kita sejajarkan menjorok kedalam, agar taman dan kebun kota bisa terlihat rapi. Untuk sementara begitu, sampai pedagang berpindah tempat sendiri untuk berjualan,” jelasnya.

Rencananya kebun kota itu akan ditanami cabe berbagai jenis agar kedepan bisa dimanfaatkan oleh warga Surabaya. Penanaman akan melibatkan masyarakat dan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini yang akan mengawalinya. Menurut Fikser, penanamannya akan dimulai Senin(17/4/2017) mendatang.

“Hanya ditanam cabe saja. Tapi variannya bermacam-macam, mulai dari cabe rawit sampai cabe merah keriting. Nanti bibitnya kita sediakan dan dibagikan ke masyarakat yang ingin turut menanam dikebun kota,” pungkasnya. (yul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO