Pertama Kali Ikut UN, SMA Trensains Tebuireng Langsung Tembus Peringkat Ketiga se-Jombang

Pertama Kali Ikut UN, SMA Trensains Tebuireng Langsung Tembus Peringkat Ketiga se-Jombang

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Meski belum genap berusia tiga tahun, SMA Pesantren Sains (Trensains) Tebuireng kembali mengukir prestasi yang membanggakan. Setelah beberapa kali mengukir prestasi dalam ajang olimpiade sains internasional, kini sekolah yang berlokasi di kompleks Pesantren Tebuireng 2 itu berhasil menduduki peringkat ketiga jurusan IPA se-Kabupaten Jombang.

Dari 44 sekolah peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Jombang yang memiliki jurusan IPA, SMA Trensains menempati peringkat ketiga dengan nilai rata-rata 64,34. Posisi pertama diduduki oleh SMA Negeri 2 Jombang dengan rata-rata 74,88, lalu disusul SMA Negeri 3 Jombang dengan nilai 68,03.

"Kami bersyukur karena dari jajaran sekolah swasta, SMA Trensains meraih posisi pemuncak," ujar Kepala SMA Trensains A. Rofiq, Kamis (4/5/2017).

Meski demikian, Rofiq mengaku masih belum puas dengan capaian tersebut. Pasalnya, nilai Matematika masih di bawah target. "Semula, kami targetkan Matematika mendapatkan rata-rata 6,5, tapi kami hanya mampu meraih nilai rata-rata 51,10. Ini akan menjadi catatan evaluasi untuk UN tahun depan," tandasnya.

Senada dengan itu, Wakil Kepala Bidang Kurikulum Abdul Ghofur juga mengungkapkan masih belum puas dengan capaian itu. Pasalnya, masih ada beberapa siswa yang mendapatkan nilai Matematika di bawah target.

"Hanya saja, kami bersyukur ada siswa bernama M Syamsuri Rosyid yang berhasil meraih nilai 95 untuk pelajaran Matematika. Prestasi ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi kami," ujarnya.

Dengan capaian itu, SMA Trensains berhasil menggeser dominasi beberapa sekolah swasta yang selama ini menempati posisi bergengsi tersebut. Bahkan SMA Darul Ulum 2 Jombang kali ini harus puas di peringkat keenam. Demikian juga SMA A Wahid Hasyim Tebuireng yang harus legowo berada di peringkat ke-10.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO