Tak Penuhi Pagu, 6 SMA di Blitar Buka Pendaftaran Online Gelombang Dua

Tak Penuhi Pagu, 6 SMA di Blitar Buka Pendaftaran Online Gelombang Dua

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Karena belum memenuhi pagu, enam SMA negeri di wilayah Cabang Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten Blitar membuka pendaftaran PPDB Online gelombang kedua. PPDB online gelombang kedua ini dilaksanakan dua hari, mulai Senin 10 Juli hingga Selasa 11 Juli 2017.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kota/Kabupaten Blitar, Suhartono mengatakan, enam sekolah yang membuka PPDB online gelombang kedua di antaranya, dua SMA di wilayah Kabupaten Blitar dan empat SMA di wilayah Kota Blitar. Dua SMA di Kabupaten Blitar yaitu SMAN 1 Ponggok dan SMAN 1 Kademangan. Sedangkan empat SMA di Kota Blitar, yakni, SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3, dan SMAN 4.

"Tentunya untuk gelombang kedua ini adalah khusus untuk calon siswa yang belum diterima. Baik untuk pilihan pertama ataupun pilihan kedua. Jadi yang sudah diterima tidak bisa ikut," tutur Suhartono, Senin (10/07).

Lebih lanjut, Suhartono menjelaskan jika untuk PPDB online gelombang kedua tidak diberlakukan sistem zonasi seperti pada saat gelombang pertama lalu. Selain itu kuota untuk calon siswa yang berasal dari luar kota atau provinsi juga tidak berlaku lagi pada PPDB gelombang kedua.

Suhartono merinci, kekurangan pagu enam sekolah tersebut di antaranya SMAN 1 Kademangan dengan pagu 222 siswa, baru terisi 92 siswa. Sedangkan di SMAN 1 Ponggok pagu yang dibutuhkan lewat jalur online 128 siswa baru terisi 121 siswa atau masih kurang tujuh siswa.

Kekurangan pagu juga terjadi di SMA negeri di wilayah Kota Blitar. Di SMAN 1 Kota Blitar misalnya, masih kurang tiga siswa. Pagu siswa yang dibutuhkan di SMAN 1 Kota Blitar lewat pendaftaran online ini 195 siswa tapi baru terisi 192. Padahal SMAN 1 Kota Blitar ini bisa dibilang sekolah favorit dan selalu jadi rebutan di Kota Blitar.

"Untuk di Kota Blitar dari empat SMAN, semuanya belum memenuhi pagu. Namun kekuranganya sedikit tidak sampai puluhan," terangnya.

Lanjut Suhartono, pendaftaran secara online pada gelombang dua sama seperti sebelumnya. Siswa dapat mendaftar secara online di luar sekolah. Sistem penerimaannya juga melalui hasil perangkingan nilai ujian nasional siswa. (blt1/tri/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO