Tanpa Digabung, Tahun Ini Semua SMA/SMK di Blitar Bisa Gelar UNBK

Tanpa Digabung, Tahun Ini Semua SMA/SMK di Blitar Bisa Gelar UNBK Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kota/Kabupaten Blitar Suhartono.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Tahun ini seluruh sekolah SMA/SMK di Kabupaten dan Kota Blitar dipastikan menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di sekolah masing-masing. 

Kepastian itu setelah dua sekolah yang pada tahun sebelumnya (2017) mengikuti UNBK gabung dengan sekolah lain, sudah mendapatkan bantuan paket komputer dari provinsi. 

"Ada dua sekolah yang tahun ini mendapatkan bantuan paket komputer sebanyak 20 unit dari provinsi. Di antaranya SMAN 1 Garum dan SMAN 4 Kota Blitar," jelas Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kota/Kabupaten Blitar Suhartono, Jumat (26/1).

Suhartono menjelaskan, meski semua lembaga sekolah sudah bisa menggelar UNBK sendiri, pelaksanaan ujian tetap digelar dalam beberapa sesi. 

"Fasilitas masih terbatas sehingga tetap digelar dalam beberapa sesi, karena jumlah komputer yang dimiliki masing-masing sekolah masih belum sebanding dengan jumlah siswa," imbuhnya.

Disamping itu, lanjut Suhartono, tahun ini ada sejumlah evaluasi penyelenggaraan UNBK di Blitar. Pertama masing-masing lembaga diharapkan memiliki genset sendiri untuk mengantisipasi listrik padam. 

"Kemudian semua sekolah penyelenggara harus memiliki server, namun untuk server jika sekolah belum memiliki pihak dinas akan menyiapkan server cadangan," ucapnya.

Pihaknya juga mendorong sekolah agar siswa kelas X dan XI menggelar ujian semester berbasis komputer. Sehingga saat pelaksanaan UNBK siswa bisa dengan mudah beradaptasi mengerjakan ujian menggunakan perangkat komputer.

"Ada beberapa evaluasi dan semua sudah kita sosialisasikan baik kepada siswa maupun sekolah-sekolah penyelenggara," papar Suhartomo.

Untuk diketahui, pelaksanaan UNBK tingkat SMK digelar 2-5 April 2018, sedangkan untuk SMA dan MA digelar pada 9-12 April 2018. (blt1/tri/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO