Warga Pacitan Antusias Sambut Super Blue Blood Moon

Warga Pacitan Antusias Sambut Super Blue Blood Moon Ilustrasi

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Warga sangat antusias menyambut bulan total (super blue blood m‎oon) yang diperkirakan bakal berlangsung Rabu petang dari pukul 18.48 - 20.30 WIB.

Menurut sebagian warga, fenomena alam tersebut merupakan anugerah Ilahi yang berlangsung setiap 130 tahun sekali. "Ini kesempatan sekali dalam hidup. Kita belum tentu bisa menemui fenomena alam seperti itu lagi," ujar Burhandi, salah seorang warga, Rabu (31/1).

Guna menyaksikan keajaiban alam tersebut, banyak dari warga yang sejak kemarin telah bersiap-siap mencari lokasi tinggi guna menyaksikan bulan total yang diperkirakan akan berlangsung selama 77 menit itu.

Di antaranya di kawasan Pakis, Desa Wonogondo, Pantai Teleng Ria, dan lokasi lain yang akan dijadikan titik lokasi oleh warga untuk menyaksikan fenomena alam tersebut. ‎"Hampir semua wilayah di tanah air bisa menyaksikan keajaiban alam itu," terangnya.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya bulan total pernah berlangsung pada 31 Maret 1833. Untuk kaum muslim, adanya fenomena alam seperti itu disunatkan untuk melaksanakan salat khusuf secara berjamaah.

Sembari melihat fenomerna tersebut, masyarakat terutama yang ada di wilayah pesisir diimbau lebih waspada saat berada di tepian pantai. Sebab saat bulan total berlangsung dimungkinkan juga akan dibarengi pasangnya gelombang laut hingga mencapai ketinggian 1,5 meter.

Meski begitu, BMKG mengimbau agar masyarakat tidak takut akan terjadinya peristiwa alam cukup langka tersebut. (yun/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO