Menteri Agama Resmikan Pesantren Tren Sains Tebuireng II

Menteri Agama Resmikan Pesantren Tren Sains Tebuireng II Menteri Agama Drs Lukman Hakim Saifuddin. Foto: presidenri.go.id

JOMBANG(BangsaOnline)Pondok Pesantren Jombang di bawah asuhan KH Salahuddin Wahid (Gus Solah) berkembang pesat. Bahkan kini mengembangkan lembaga pendidikannya hingga mencapai empat Pesantren .

Semula, Pesantren Tren Sains atau Pesantren II akan diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. M Nuh DEA. Pesantren II ini terletak di wilayah Jombok Ngoro Jombang Jawa Timur. Selain M Nuh juga akan hadir Drs Lukman Hakim Syaifuddin dan mantan Presiden RI Prof Dr Ing BJ Habibie. Menag akan memberi sambutan sedang BJ Habibie menyampaikan orasi ilmiah.

Tapi, menurut  Gus Solah kepada bangsaonline.com, BJ Habibie dan M Nuh tak bisa hadir. Jadi yang meresmikan Pesantren II adalah RI Lukman Hakim Saifuddin.  

Dalam acara bersejarah itu pengasuh Pesantren Gus Solah akan memberi sambutan.

Seperti diberitakan bangsaonline.com, Pesantren kini telah mengembangkan diri menjadi empat Pesantren. Yaitu Pesantren (pusat), Pesantren II di Jombok Ngoro Jombang, Pesantren III di Inhil Riau dan Pesantren IV di Inhu Riau. Pesantren cabang ini tampaknya akan terus berkembang sesuai kebutuhan pendidikan masyarakat Indonesia.

Selain peresmian Pesantren Tebuuireng II besok juga digelar Temu Alumni Nasional dan Musyawarah Nasional (Munas) alumni Pesantren .

”Temu kangen alumni akan dikemas agak beda. Para alumni bisa ngobrol/kumpul agak lama (habis dzuhur sampe maghrib) dengan sahabat2 tempo dulu/angkatan masing2 di serambi masjid dan sekitarnya sambil minum wedang kopi dan snack ala kadarnya yang disediakan panitia,” kata Dr. H. Sahid HM, M.Ag, Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Keluarga Alumni Pesantren (IKAPETE). Menurut Sahid, dalam acara yang dihadiri alumni dari seluruh Indonesia itu juga digelar tahlil akbar masyayikh sekaligus pemilihan ketua umum IKAPETE. Karena itu Sahid minta para alumni pagi-pagi jam 8 sudah berkumpul di . Ini selain karena padatnya acara juga untuk secara bersama-sama berangkat ke lokasi Pesantren II di Jombok Ngoro Jombang yang diperkirakan berjarak 11 KM dari Pesantren .

Sahid menjelaskan bahwa acara peresmian besok akan dihadiri alumni pesantren dan alumni pesantren yang serumpun dan telah menjalin kerjasama dengan , antara lain:

1. Pesantren Putra/i
2. Pesantren Putri Al-Masruriyah
3. Pesantren Putri (Tengah, Utara,Timur) Seblak
4. Pesantren Putri Walisongo Cukir
5. Pesantren Darul Falah Cukir
6. Pesantren Madrasatul Qur'an
7. Pesantren Manbaul Hikam Jatirejo Diwek
8. Pesantren Al Faroz Kwaron

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BJ Habibie juga Kalah dengan Orang Madura':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO