​Gus Ipul akan Buka Banyak Pusat Industri Baru di Jawa Timur

​Gus Ipul akan Buka Banyak Pusat Industri Baru di Jawa Timur Gus Ipul ketika berbicara di hadapan ratusan pengusaha dalam Rapat Kerja Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Timur, Kamis (15/3).

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 2 Saifullah Yusuf () mengajak para pengusaha membuka pasar ekspor baru. Selama ini, ekspor dari Jawa Timur baru terpusat ke Cina, Amerika, Jepang dan sebagian Eropa.

"Pasar klasik yang sudah ada harus ditingkatkan, namun pasar baru ke negara lain harus mulai dibuka," kata ketika berbicara di hadapan ratusan pengusaha dalam Rapat Kerja Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Timur, Kamis (15/3).

Menurut saat ini impor ekspor Jawa Timur ke luar negeri masih defisit, beruntung perdagangan antar pulau yang dilakukan Jawa Timur untung besar sehingga mampu menutup defisit ekspor.

Dari data yang ada, total nilai perdagangan antar pulau di Jawa Timur pada 2016 lalu saja telah mencapai Rp 971 triliun. Penjualan dari Jatim ke luar pulau mencapai Rp 535 triliun dan barang masuk ke Jatim sebesar Rp 435 triliun.

Dengan nilai ini, berarti perdagangan antar pulau di Jawa Timur masih surplus atau untung sebesar Rp 100 triliun. Nilai ini setidaknya bisa digunakan untuk menambal ekspor impor Jawa Timur yang masih minus sekitar Rp 30 triliun.

Untuk meningkatkan volume perdagangan antar pulau, juga terus mendorong pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) agar selalu berorientasi ekspor.

Lihat juga video 'Buntut Video Joget Viral di Pasuruan, Oknum Kepala Sekolah Diberi Sanksi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO