Penyembahan Jabatan, Penyembahan Berhala

Terjemah Surat Al-Ra'd : 33-34

33. Maka apakah Tuhan yang menjaga setiap diri terhadap apa yang diperbuatnya (sama dengan yang tidak demikian sifatnya)? Mereka menjadikan beberapa sekutu bagi Allah. Katakanlah: "Sebutkanlah sifat-sifat mereka itu." Atau apakah kamu hendak memberitakan kepada Allah apa yang tidak diketahui-Nya di bumi, atau kamu mengatakan (tentang hal itu) sekadar perkataan pada lahirnya saja. Sebenarnya orang-orang kafir itu dijadikan (oleh syaitan) memandang baik tipu daya mereka dan dihalanginya dari jalan (yang benar). Dan barangsiapa yang disesatkan Allah, maka baginya tak ada seorangpun yang akan memberi petunjuk.

34. Bagi mereka azab dalam kehidupan dunia dan sesungguhnya azab akhirat adalah lebih keras dan tak ada bagi mereka seorang pelindungpun dari (azab) Allah.

TAFSIR

Ayat sebelumnya bertutur tentang para rasul yang ditertawakan, kemudian Tuhan tidak terima dan mereka dibinasakan. Umat terdahulu disiksa langsung , sementara umat nabi Muhammad SAW tidak mesti demikian. Umumnya diberi kesempatan dengan harapan mau bertobat. Jika mereka tetap membandel, maka ada dibiarkan saja hingga kezaliman yang mereka lakukan makin menjadi-jadi dan dosa makin menumpuk.

Tentu saja siksaannya nanti di neraka bersifat kumulatif dan amat pedih. Dan ada juga yang dihabisi dalam perang agama, seperti Abu Jahal yang mati tragis di perang Badar.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO