Kalak BPBD Pacitan: Jangan Terpancing Isu Provokatif Adanya Gempa Karena Kutukan Tuhan

Kalak BPBD Pacitan: Jangan Terpancing Isu Provokatif Adanya Gempa Karena Kutukan Tuhan Kalak BPBD Pacitan, Windarto.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Pacitan, Windarto, mengimbau agar masyarakat tidak terpancing oleh klaim-klaim adanya gempa tektonik di suatu daerah lantaran kutukan Tuhan. Menurutnya, penyataan tersebut sangat tidak berdasar, bahkan cenderung provokatif yang memicu terjadinya friksi di masyarakat.

"Gempa bumi memang adanya patahan lempeng yang terjadi di dasar laut. Jadi bukan karena lokasi gempa itu mendapat kutukan Tuhan. Mohon masyarakat tetap tenang dan jangan termakan provokasi-provokasi semacam itu," ujarnya, Senin (27/8).

Baca Juga: Soal Megathrust Gempa 8,8 SR, Kalak BPBD: Jangan Panik dan Mudah Terhasut

Menurut mantan Sekretaris Satpol PP Pemkab Pacitan ini, Indonesia berada di kawasan cincin api, yaitu mulai Aceh hingga Papua. Di lingkaran cincin api itulah sering terjadi sesar naik busur belakang. Reaksi ini timbul akibat desakan lempeng Indo Australia dan Indo Eurosia.

"Sehingga ketika terjadi fenomena flores back art thrust pada jalur sesar aktif di dasar laut, gempa tektonik akan terjadi. Ini pendekatan ilmiah agar masyarakat tidak mudah terpancing oleh isu-isu yang dibalut dengan kalimat-kalimat provokatif," pesan Windarto. (yun/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO