Khofifah: Kiai Abdul Chalim, Abah Kiai Asep, Layak Dapat Gelar Pahlawan, Tapi...

Khofifah: Kiai Abdul Chalim, Abah Kiai Asep, Layak Dapat Gelar Pahlawan, Tapi... Gubernur Jawa Timur terpilih Dra Hj Khofifah Indar Parawansa, M.Si saat menyampaikan orasi kebangsaan di Pondok Pesantren Asshidiqiyah 3 Karawang, Jawa Barat. foto: BANGSAONLINE

KARAWANG, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur terpilih Dra Hj Indar Parawansa, M.Si menegaskan bahwa KH Abdul Chalim Leuwimunding Majalengka, Cirebon, Jawa Barat sangat layak mendapat gelar pahlawan. Sebab jasanya terhadap bangsa Indonesia dalam berjuang untuk kemerdekaan RI sangat besar.

"Tapi dari pihak keluarga tidak ada yang mengusulkan," kata Indar Parawansa saat menyampaikan orasi kenangsaan dalam acara Silaturahim Ketua Umum PP Pergunu Dr KH Asep Saifuddin Chalim bersama Ketua Umum PP Muslimat NU Dra Indar Parawansa, M.Si di Pondok Pesantren As-Shidiqiyah 3 Karawang Jawa Barat, Jumat malam (16/11/2018). 

Padahal, kata , salah satu syarat mendapat gelar pahlawan itu adalah usulan dari keluarga.

Kiai Abdul Chalim adalah ayah Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA, pendiri dan pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya dan Pacet Mojokerto Jawa Timur. Kiai Abdul Chalim terlibat langsung dalam perang fisik kemerdekaan RI. Kiai Abdul Chalim juga berperan penting dalam proses pendirian Nadlatul Ulama (NU) yang didirikan oleh Hadratussyaikh KH Muhammad Hasyim Asy'ari dan KH Abdul Wahab Hasbullah bersama para kiai lainnya.

Ketika Hadratussyaikh Hasyim Asy'ari dan Kiai Abdul Wahab mengumpulkan ulama se-Jawa dan Madura yang kemudian membentuk Komite Hijaz dan mendirikan NU, Kiai Abdul Chalim inilah yang menyiapkan administrasi dan mengantarkan surat undangan kepada para ulama itu. Bahkan Kiai Abdul Chalim juga yang mengingatkan soal perlunya mencantumkan kalimat untuk kemerdekaan bangsa dalam surat Komite Hijaz yang dikirim kepada Raja Saudi saat itu. Kiai Abdul Chalim kemudian dipercaya sebagai Naibul Katib (Wakil Katib) Syuriah PBNU pertama. Sedang Hadratussyaikh didaulat sebagai Rais Akbar dan Kiai Abdul Wahab Katib Syuriah.

Karena itu, wajar jika mewacanakan pentingnya Kiai Abdul Chalim mendapat gelar pahlawan nansional. Sayangnya sampai saat ini belum ada dari pihak keluarga Kiai Abdul Chalim yang mengusulkan kepada pemerintah.

Lihat juga video 'Dulu Banyak Sinis dan Tertawa, Kini Miliki 12.000 Santri, ini Ijazah Amalan Kiai Asep':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO