Sabtu, 05 Desember 2020 00:47

​Gandeng Lapindo Brantas, Sidoarjo Positif Gelar Pelatihan Hidroponik

Selasa, 01 Januari 2019 19:35 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Catur Andy
​Gandeng Lapindo Brantas, Sidoarjo Positif Gelar Pelatihan Hidroponik

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Komunitas kepemudaan Sidoarjo Positif kembali menggelar pelatihan bagi masyarakat Sidoarjo. Kali ini pelatihan budidaya hidroponik yang menjadi pilihan yang digelar di Desa Kalidawir, Kecamatan Tanggulangin, Senin (1/1/2019).

Acara yang disupport Lapindo Brantas Inc ini diikuti anggota PKK, bapak-bapak hingga anggota Karang Taruna Desa Kalidawir.

Kegiatan ini juga menggandeng Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Sidoarjo sebagai pengajar atau instruktur budidaya hidroponik.

Afandi, pelatih dari Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Sidoarjo menyampaikan terima kasihnya kepada Lapindo Brantas yang peduli dengan wilayah dan masyarakat setempat, khususnya Desa Kalidawir, terkait pengembangan potensi warga melalui budidaya hidroponik.

"Antusiasme peserta membuat kegiatan ini berlangsung lancar, harapan ke depannya, hidroponik dapat dikembangkan terus oleh masyarakat dan bermanfaat untuk semuanya," cetus Afandi.

Sementara itu Koordinator Sidoarjo Positif Vanda Ika Paramitha menyebutkan, pelatihan hidroponik ini bertujuan memberikan wawasan serta pengalaman baru. Bagaimana memanfaatkan penghijauan yang diharapkan mempunyai nilai ekonomis dan mudah diaplikasikan sendiri di rumah-rumah. Sepanjang acara berlangsung, sebanyak 30 peserta antusias mengikuti materi pelatihan.

"Pelatihan ini diberikan mulai dasar-dasar pembibitan hingga panen, artinya trainer akan terus memantau perkembangan tanaman hingga panen. Dengan begini peserta akan belajar sampai mahir untuk membuat hidroponik sendiri," urai Vanda.

Di tengah-tengah acara peserta juga diberikan kesempatan untuk praktek langsung menanam benih sayur ke dalam media tanam. Hal ini dilakukan agar peserta terlatih dan bisa mengaplikasikannya di rumah tanpa harus terus didampingi.

Lapindo Brantas sendiri sebagai pendukung kegiatan ini memberikan dua unit alat hidroponik untuk Desa Kalidawir. Nantinya dua alat ini akan dikelola bersama perangkat desa dan Karang Taruna. Fifin Fithriani, CD Officer Lapindo Brantas Inc berharap alat hidroponik beserta pelatihannya dapat dimaksimalkan untuk kesejahteraan warga Desa Kalidawir.

"Pelatihan ini tentunya memberikan angin segar untuk ibu-ibu karena jika ingin memasak sayur tak perlu lagi mengeluarkan uang, melainkan dapat memetik langsung dari hidroponik tersebut, " terangnya .

Para peserta yang mengikuti pelatihan ini juga turut mengungkapkan apresiasinya. Robid, Ketua Karang Taruna Desa Kalidawir yang hadir sebagai peserta mengungkapkan, kegiatan ini bermanfaat positif untuk warga Desa Kalidawir.

"Kami sudah diajari merakit hidroponik dan saya ucapkan terima kasih kepada Lapindo Brantas dan Sidoarjo Positif yang selalu mendukung kegiatan Desa Kalidawir, " pungkasnya.(cat/ian) 

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Selasa, 01 Desember 2020 16:52 WIB
PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com – Meletusnya Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, tidak mengakibatkan kenaikan material vulkanik di Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo.Namun demikian, status Gunung Bromo tetap level II atau waspada. Sehingga pengunju...
Sabtu, 28 November 2020 22:34 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Nahdlatul Ulama (NU) punya khasanah (bahasa) baru: Neo Khawarij NU. Istilah seram ini diintroduksi KH Imam Jazuli, LC, MA, untuk mestigmatisasi kelompok kritis NU: Komite Khittah Nahdlatul Ulama (KKNU). Khawarij ...
Rabu, 02 Desember 2020 21:44 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Kamis, 03 Desember 2020 15:46 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...