Akomodir Warga Binaan, KPU Dirikan Dua TPS di Lapas Klas II B Blitar

Akomodir Warga Binaan, KPU Dirikan Dua TPS di Lapas Klas II B Blitar Komisioner Divisi Perencanaan dan Data KPU Kota Blitar, Choirul Umam.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Blitar bakal mendirikan dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) di dalam lembaga pemasyarakatan (lapas) Klas II B Blitar pada Pemilu 2019. Diungkapkan Komisioner Divisi Perencanaan dan Data KPU Kota Blitar, Choirul Umam, dua TPS ini akan mengakomodir 337 penghuni Lapas dewasa yang masuk Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).

"Di dalam Lapas Pemilu nanti akan ada dua TPS. Ini berbeda dengan Pilkada lalu. Kalau Pilgub Jatim tahun lalu batas maksimal pemilih di tiap TPS sekitar 800 orang. Kami cukup mendirikan satu TPS saja di LP dewasa. Sedangkan Pemilu kali ini batas maksimal 300 orang sehingga kami bagi dua," jelas Umam, Senin (25/3/2019).

Berbeda dengan Lapas dewasa, Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Blitar KPU tidak mendirikan TPS. Meski di LPKA ada 92 anak binaan yang sudah memiliki hak pilih dan masuk dalam DPTb. Kata Umam, untuk mengakomodir suara pemilih di dalam LPKA pihaknya akan menggunakan TPS keliling.

"Untuk LPKA tidak kami dirikan TPS. Namun nanti, anak binaan yang sudah punya hak pilih tetap bisa nyoblos melalui TPS keliling," imbuhnya.

Sementara bagi warga binaan yang belum masuk dalam DPTb, pihaknya masih menunggu instruksi dan kebijakan dari KPU pusat. Di Kota Blitar jumlah DPTb sebanyak 826 orang. Dari total DPTb itu, paling banyak berasal dari pemilih di Lapas sekitar 432 orang. Jumlah itu baik dari Lapas dewasa maupun LPKA. Sesuai aturan, syarat untuk masuk DPTb warga binaan harus sudah melakukan perekaman KTP-el.

"Jumlah total warga binaan di Lapas dewasa dan LPKA sekitar 612 jiwa. Rinciannya, penghuni Lapas dewasa ada 463 jiwa dan LPKA ada 149 jiwa. Namun soal penghuni soal penghuni Lapas yang belum masuk DPTb, kami masih menunggu kebijakan dari KPU pusat," papar Umam.

Selain DPTb, KPU Kota Blitar mencatat sebanyak 567 warga Kota Blitar yang pindah ke liar kota. (ina/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO