Exit Tol Jombang Macet, Kendaraan Mengular Hingga 2 Km

Exit Tol Jombang Macet, Kendaraan Mengular Hingga 2 Km Antrean kendaraan di exit tol Bandar Kedungmulyo. foto: RONY S/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Kemacetan arus lalu lintas terjadi di sejumlah titik di Jombang memasuki hari ke-2 lebaran Idul Fitri. Pantauan di lokasi, antrean kendaraan bahkan mengular hingga 2 kilometer. Meningkatnya volume kendaraan terjadi karena mobilisasi masyarakat yang hendak bersilaturrahmi.a

Kasatlantas Polres Jombang AKP Inggal Widya Perdana menjelaskan kemacetan dan kepadatan yang terjadi, di antaranya terjadi di simpang Jombang-Nganjuk-Kediri (Bangjuri) atau Mengkreng. Menurut dia, antrean kendaraan dari arah Surabaya menuju ke Nganjuk dan Kediri mengular sampai exit tol Bandar, Kecamatan Bandar Kedungmulyo.

"Ekornya sampai exit tol Bandar, sekitar dua kilometer," terang AKP Inggal, Kamis (6/6/2019).

Sementara dari arah Kediri dan Nganjuk, lanjut Inggal, juga terjadi antrean meski tak sampai mengular. Menurut dia, kepadatan kendaraan di jalur arteri Surabaya-Madiun ini bukan akibat arus balik.

"Kebanyakan kendaraan masyarakat lokal, seperti Surabaya, Jombang, Mojokerto, Malang, dan sekitarnya yang mau berlebaran ke rumah saudara mereka," terangnya.

Untuk mengurai kemacetan di titik ini, kata Inggal, pihaknya bekerja sama dengan pengelola Astra Tol Jombang-Mojokerto dan Satuan PJR Polda Jatim untuk mengalihkan arus. Kendaraan yang akan keluar ke jalan nasional melalui exit tol Bandar dialihkan ke Nganjuk. Upaya ini untuk mengurangi volume kendaraan di simpang Mengkreng. 

Menurut penuturan Gatot Darwanto, salah satu pemudik, kemacetan hanya terjadi di exit tol karena kendaraan menumpuk. "Kalo di dalam tolnya lancar, tapi begitu mau keluar macet. Ini tadi sampai setengah jam lebih antre, baru bisa keluar tol," tuturnya kepada BANGSAONLINE.com. (ony/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Nekat Mudik Ke Madiun, Siap-Siap Diisolasi Di Bekas Penjara Belanda Yang Angker':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO