Taman 'Ujung Galuh' Siap Dilengkapi Wisata Perahu

Taman Plt Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Surabaya, Eri Cahyadi saat meninjau taman. foto: YUDI ARIANTO/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Kebersihan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) tak henti-hentinya menata estetika kota. Salah satunya dengan menata taman 'Ujung Galuh' yang berada di sisi selatan Jembatan Ujung Galuh.

Plt Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Surabaya, Eri Cahyadi mengatakan, penataan taman yang belum resmi memiliki nama ini melalui sentuhan secara langsung. Karena sebelumnya di lahan sekitar 2 hektare ini sudah banyak tanaman yang tumbuh.

"Posisinya ini nanti kita akan buatkan wisata air, nanti juga akan ada sandaran perahu," kata Eri saat meninjau taman yang berlokasi di Jalan Raya Ngagel Surabaya, Rabu (10/07/2019).

Dia menjelaskan, taman tersebut berdiri di lahan sempadan sungai kewenangan Pemprov Jatim. Namun pihaknya telah mendapatkan izin karena dibuat taman. Bahkan Pemprov sangat mendukung langkah pemkot tersebut.

“Kenapa kita pilih (lokasi) ini? Karena menurut kita ini cocok sekali karena sesuai dan jauh dari uap polusi kendaraan,” jelasnya.

Menariknya, taman yang telah dilengkapi jogging track tersebut rencanannya juga bakal dilengkapi dengan fasilitas kursi dan mainan anak-anak. Sehingga saat malam hari, anak-anak juga bisa bermain di taman itu.

Bahkan, pihaknya telah menyiapkan lahan parkir yang nantinya diisi dengan penjual makanan dan minuman ringan untuk para pengunjung. Namun untuk saat ini masih dikonsultasikan dengan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. “Nanti kita juga akan nambah perahu, nanti juga akan ada teman-teman CSR yang memberikan perahu,” ujarnya.

Eri mengungkapkan, taman ini akan dibuat mirip dengan Taman Prestasi, namun konsepnya lebih bagus. Karena, ia menilai, jogging track di taman tersebut mencapai lebar 3,5 meter dan panjang 377 meter ini letaknya bersebelahan langsung dengan sungai.

"Sehingga nantinya jogging track ini bisa terkoneksi dengan yang ada di Keputran. Kalau dari dulu memang sudah ada jogging track, tapi belum ada lahan parkirnya, sekarang sudah kita buatkan besar sekali dan ini nanti juga akan kita sinergikan dengan wisata air," ungkapnya. (ian/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO