Ziarah ke Maqbarah Hadratussyaikh, Said Aqil Ditemui Gus Kikin, Wakil Pengasuh Pesantren Tebuireng

Ziarah ke Maqbarah Hadratussyaikh, Said Aqil Ditemui Gus Kikin, Wakil Pengasuh Pesantren Tebuireng KH Said Aqil Siroj didampingi KH Kikin Abdul Hakim saat ziarah di Maqbarah Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy'ari di Pesantren Tebuireng Jombang Jawa Timur, Kamis (17/10/2019). foto: istimewa

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Ketua Umum Tanfidziyah PBNU KH. Siroj dan rombongan ziarah ke makam pendiri Nahdlatul Ulama (NU) Hadratussyaikh KH. M Hasyim Asy’ari di Pesantren Jombang, Jawa Timur, Kamis (17/10/2019) pagi ini.

Namun Ir. KH. Salahuddin Wahid (Gus Sholah), pengasuh Pesantren , tak tampak saat Kiai tiba di . Kiai hanya ditemui KH. Kikin Abdul Hakim (Gus Kikin), Wakil Pengasuh Pesantren .

“Abah Yai di Jakarta,” tutur Ustadz Amin Zein, asisten pribadi Gus Sholah kepada BANGSAONLINE.com, Kamis (17/10/2019). Yang dimaksud Abah Yai adalah Gus Sholah.

Menurut Amin, Gus Sholah yang putra KH A Wahid Hasyim dan cucu Hadratussyaikh Hasyim Asy’ari itu beberapa hari ini berada di Jakarta. Info yang diterima BANGSAONLINE.com, jadwal Gus Sholah hari ini menjenguk Menkopolhukam Wiranto.

“Pak Said hanya sebentar di . Hanya jam 08.00 hingga 09.00 saja. Karena Yai Kikin (Gus Kikin) siang harus ke Surabaya ada acara,” tutur santri senior di ndalem kasepuhan .

“Dalam schedule Kiai hanya ke Ndalem Kasepuhan, lanjut ke Maqbarah, lalu geser ke acara lain (di luar ),” katanya lagi. Yang dimaksud Maqbarah adalah makam keluarga di antaranya Hadratussyaikh, Kiai Wahid Hasyim, , KH. M. Yusuf Hasyim dan keluarga yang lain. Sedang Ndalem Kasepuhan adalah bangunan induk yang dulu kediaman Hadratussyaikh Hasyim Asy’ari yang kini jadi tempat penerimaan tamu dan pengasuh .

Jadwal Kiai di ini berbeda dengan jadwal yang beredar di medsos sebelumnya. Dalam jadwal yang beredar di medsos tertulis bahwa di mulai pukul 09.30 WIB hingga 13.30 WIB. Dalam jadwal versi ini Kiai ziarah ke Maqbarah Hadratussyaikh lalu silaturahim dan ramah tamah di Ndalem Pesantren dengan Gus Sholah. Lalu Kiai memberi pengajian umum di Masjid .

“Itu jadwal lama, jadwal dari luar,” tutur seorang ustadz senior di .

Acara ziarah Kiai ke makam Hadratussyaikh di ini sudah kesekian kalinya. Beberapa bulan lalu Kiai juga pernah ziarah ke makam Hadratussyaikh sekaligus silaturahim ke Gus Sholah. Saat itu Gus Sholah kebetulan ada di Teburieng sehingga bisa bertemu Gus Sholah. (MMA)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Semua Agama Sama? Ini Kata Gus Dur':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO