Bayi Baru Lahir Ditemukan di Teras Rumah Bidan Desa

Bayi Baru Lahir Ditemukan di Teras Rumah Bidan Desa Kapolsek Ponggok Iptu Sony Suhartanto menggendong bayi yang ditemukan di rumah bidan.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Bayi perempuan ditemukan di dalam kardus di teras rumah bidan Desa Sidorejo, Ponggok, Kabupaten Blitar, Senin (21/10/2019). Bayi perempuan ini ditemukan pertama kali oleh Rosilawati, seorang mahasiswa kebidanan yang tengah menjalankan tugas praktek di rumah bidan Anis Yuswiarningsih.

"Tadi siang kondisi tempat praktek ini kosong, semua ke Puskesmas pembantu. Nah, sekitar jam 12.00 saya kembali dari Posyandu pas parkir motor saya dengar suara bayi menangis. Saya cek suaranya dari dekat kursi, waktu itu saya lihat ada kardus waktu saya buka ternyata isinya bayi," ungkap Rosilawati.

Saat ditemukan, kondisi bayi sudah dalam posisi dibedong menggunakan kain. Di dalam kardus yang sama juga ditemukan botol susu. Diduga bayi perempuan ini baru dilahirkan sekitar dua jam sebelum ditemukan.

Dari hasil pemeriksaan di tempat praktek bidan, kondisi bayi sehat dan memiliki berat 4,1 kg serta panjang 51 cm. "Sudah dibedong, selain bayi, tadi juga ada dot botol susu di dalam kardus," jelasnya.

Bayi perempuan ini kemudian dirujuk ke Puskesmas Ponggok. Kapolsek Ponggok Iptu Sony Suhartanto yang datang ke TKP menggendong bayi malang tersebut ke dalam ambulans dan mengantarkanya ke Puskesmas.

"Kami dapat informasi jika ditemukan bayi di teras rumah bidan Anis, kami langsung meluncur ke lokasi. Kondisinya sehat dan tali pusarnya sudah dibersihkan oleh bidan, namun untuk memastikan kondisi bayi kami bawa ke Puskesmas. Karena di sini peralatanya terbatas," ungkap Sony.

Sony menjelaskan, saat ini polisi tengah melakukan pencarian terhadap pelaku pembuang bayi. Pihaknya meminta data siapa saja yang sebelumnya rutin periksa kandungan ke bidan desa tersebut. "Kami masih melakukan penyelidikan termasuk mengecek siapa saja yang sebelumnya rutin memeriksakan kandungan di sini," pungkasnya. (ina/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO