Selasa, 20 Oktober 2020 13:48

​Pertanyakan Nabi Muhammad Dibanding Soekarno dalam Kemerdekaan RI, Sukmawati Dihujat Warganet

Jumat, 15 November 2019 13:34 WIB
Editor: Tim
​Pertanyakan Nabi Muhammad Dibanding Soekarno dalam Kemerdekaan RI, Sukmawati Dihujat Warganet
Sukmawati Soekarnoputri. foto: detik.com/ari saputra

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Sukmawati Soekarnoputri kembali bikin heboh. Ia mempertanyakan Nabi Muhammad SAW dalam merebut kemerdekaan Indonesia dibandingkan Soekarno.

“Sekarang saya mau tanya, yang berjuang di abad 20 itu nabi yang mulia Muhammad atau Insinyur Soekarno? Untuk kemerdekaan Indonesia?,” tanya Sukmawati dalam diskusi bertajuk ‘Bangkitkan Nasionalisme Bersama Kita Tangkal Radikalisme dan Berantas Terorisme’, Senin (11/11/2019) seperti dikutip Demokrasi.co.id

Pertanyaan tersebut sempat ingin dijawab oleh beberapa peserta diskusi. Salah satu yang diperbolehkan menjawab ialah mahasiswa UIN, Jakarta, Maulana.

“Memang benar, pada saat awal abad ke-20 itu yang berjuang adalah insinyur Soekarno…..,” jawab Maulana.

“Sudah cukup, saya tanya itu saja,” potong Sukmawati.

Sukmawati menolak adanya anggapan seorang muslim tidak boleh menghormati sosok selain Nabi Muhammad.

“Memangnya kita tidak boleh menghargai, menghormati orang-orang mulia di awal-awal atau di abad modern? Apakah yang selalu menjadi suri tauladan itu hanya nabi-nabi?,” Tanyanya.

“Ya oke, nabi-nabi, tapi perjalanan sejarah seperti revolusi industri, apakah kita tidak boleh menghargai seperti Thomas Jefferson, Thomas Alfa Edison, orang-orang mulia untuk kesejahteraan manusia?”

“Saya pikir-pikir Anda tidak benar kalau untuk tidak menghargai dan menghormati mereka-mereka yang berbudi mulia,” jelas Sukmawati.

Kini pernyataan putri Bung Karno itu viral. Mayoritas mengecam pernyataan yang dianggap tak pantas karena membandingkan Nabi Muhammad dengan orang biasa.

“Hai Ibu Sukmawati Soekarnoputri yang terhormat. Bapak anda Bung Karno adalah pendiri bangsa, tetapi beliau ketika mendatangi makam Rasulullah SAW merangkak dan melepaskan semua pangkatnya... Dan itu disaksikan oleh petinggi Arab Saudi ...Betapa beliau menghormati dan kagum terhadap Rasulullah SAW. Ingat itu,” tulis warganet bernama Firman Maulana.

“Segera bertobat bu, sebelum dijewer malaikat. Ayahanda Soekarno jadi gak tenang di alamnya karena bualan anaknya,” tulis Lilies Melia.

“Kenapa koq di rezim ini banyak orang kayak gini?,” tulis Handi Winarko.

“Si tusuk konde tahu apa??? Dah sana urus dulu dlu tusuk kondenya, masih bengkok apa sudah lurus.. bru anda belajar alif, lurus apa bengkok…dasar orang aneh.!!”.

Namun, ada juga yang menyalahkan panitia yang mengundang dia jadi pembicara, karena sekolah aja Sukmawati gak lulus. “Salahe sing ngundang, ta Maaas. Yg sekolah aja gak lanjut n gak jelas kan?” tulis Bli Made. 

"Indonesia merdeka bukan saja bapakmu Soekarno yg berperan melawan penjajah belanda. Ribuan baahkan jutaan warga Indonesia lain juga turut andil dlm memerdekaan Indonesia dri penjajah Belanda dan Jepang. Dosa membandingkan bapakmu dengan Nabi Muhammad Saw," tulis akun Bang Beng. (tim)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 19 Oktober 2020 22:35 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri ternyata memiliki air terjun yang luar biasa indahnya. Namanya Air Terjun Ngleyangan. Sayangnya, untuk mencapai air terjun yang konon pernah dijadikan tempat bertapa Raja Kediri itu, sangat sulit ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Senin, 28 September 2020 22:43 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*32. waidhrib lahum matsalan rajulayni ja’alnaa li-ahadihimaa jannatayni min a’naabin wahafafnaahumaa binakhlin waja’alnaa baynahumaa zar’aanDan berikanlah (Muhammad) kepada mereka sebuah perumpamaan, dua...
Sabtu, 17 Oktober 2020 14:42 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...