Antisipasi Bencana di Musim Penghujan, 250 Personil Gabungan Disiagakan

Antisipasi Bencana di Musim Penghujan, 250 Personil Gabungan Disiagakan Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M Sinambela saat meninjau sarana dan prasarana persiapan untuk mengantisipasi bencana alam.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Datangnya musim penghujan biasanya diiringi dengan terjadinya bencana yang diakibatkan karena curah hujan. Seperti banjir dan tanah longsor. Menghadapi bencana yang mungkin terjadi di musim penghujan, sebanyak 250 personil gabungan disiagakan.

Personil gabungan ini disiagakan untuk mengantisipasi bencana alam yang terjadi di musim penghujan di Kota Blitar. Ratusan personil gabungan itu terdiri dari Polri, TNI, pemerintah daerah baik kota maupun Kabupaten Blitar, serta sejumlah relawan penanggulangan bencana.

Selain itu, sarana dan prasarana juga turut disiapkan seperti mobil patroli, perahu, ban, dan lain-lain sebagai perlengkapan antisipasi bencana alam.

Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M Sinambela mengatakan, pihaknya menyiagakan personel gabungan dalam rangka menghadapi musim penghujan.

"Bulan Desember masuk pancaroba atau perubahan musim. Untuk itu kami menggelar apel kesiap siagaan bencana untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana alam," kata AKBP Leonard M Sinambela, Kamis (12/12/2019).

Sementara Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politik (Bakesbangpol) dan Penanggulangan Bencana Daerah (PBD) Kota Blitar, Hakim Sisworo mengatakan selain menyiagakan personil, pihaknya juga mengimbau agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan. Selain itu masyarakat juga diminta untuk segera melapor jika di daerahnya terjadi bencana.

Kata Hakim, di wilayah Kota Blitar bencana yang perlu diwaspadai di antaranya genangan air, longsor, dan angin puting beliung. "Kami meminta masyarakat untuk waspada serta cepat tanggap. Artinya segera melapor jika di wilayahnya terjadi bencana agar cepat tertangani," tutur Hakim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO