Memacu Geliat Ekonomi Selingkar Wilis, BI Kediri Gelar Seminar Nasional

Memacu Geliat Ekonomi Selingkar Wilis, BI Kediri Gelar Seminar Nasional Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak saat memberikan materi dalam seminar nasional yang diselenggarakan BI Kediri.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Guna mengembangkan sektor perekonomian di wilayah Selingkar Wilis, Kantor Perwakilan Bank lndonesia (KPw BI) Kediri menyelenggarakan kegiatan seminar nasional dan penghargaan Award 2019, Senin (16/12).

Mewakili Anggota Dewan Gubernur Bank Indonesia, hadir A. Johansyah, Kepala Perwakilan Bank lndonesia Provinsi Jawa Timur. Ia menjadi keynote speaker yang mengulas kondisi perekonomian lndonesia terkini dan tantangan pada tahun 2020.

Dengan tema "Sinergi dan Inovasi Memacu Geliat Ekonomi Wilayah Selingkar Wilis", penyelenggaraan seminar nasional tersebut merupakan salah satu bentuk dukungan KPw untuk mendorong penumbuhan ekonomi di wilayah eks Karesidenan Kediri dan Madiun, khususnya pembangunan kawasan Selingkar Wilis yang merupakan proyek prioritas di Provinsi Jawa Timur.

Proyek Selingkar Wilis merupakan konsep pembangunan terpadu dengan memaksimalkan potensi budaya dan ekonomi, terutama potensi agrowisata dan kawasan Gunung Wilis, yang meliputi Kabupaten Nganjuk. Kabupaten Kediri, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Madiun, dan Kabupaten Ponorogo.

Trase jalan dari proyek yang membentang sepanjang kurang lebih 235.524 km tersebut diharapkan dapat mempermudah mobilitas barang dan jasa.

Dengan narasumber utama Emil E. Dardak (Wakil Gubernur Jawa Timur) sekaligus penggagas Selingkar Wilis) dan Prof. Candra Fajri Ananda (akademisi dan juga Anggota Badan Supervisi Bank Indonesia). Seminar yang dimoderatori Tina Talisa (Praktisi Komumkasi) ini diharapkan dapat membuka wawasan masyarakat akan strategisnya wilayah Selingkar Wilis. 

Selain dari narasumber dimaksud, hadir juga beberapa kepala daerah yang dilibatkan dalam sesi diskusi untuk memberikan informasi berbagai Iangkah konkret serta masukan-masukan konstruktif terkalt pengembangan kawasan Selingkar Wilis.

Pada penghujung acara, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kediri Musni Hardi Kasuma Atmaja, menyampaikan beberapa penghargaan kepada mitra kerja terpillh KPw Bl Kediri, sebagai bentuk apresiasi atas kerja sama yang terjalin dengan sangat balk selama ini.

Dalam penutup sambutannya, kepala Perwakilan Bank Indonesia Kediri mengharapkan agar acara yang diselenggarakan dapat semakin memperat tali silaturahmi sekaligus memberi manfaat seluas-Iuasnya dalam upaya mendukung pertumbuhan ekonomi dan stabilitas harga di wilayah eks-Karesidenan Kediri dan Madiun. (rif/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO