Tingkatkan Kinerja dan Kompetensi Anggota, DPRD Mojokerto Gelar Bimtek

Tingkatkan Kinerja dan Kompetensi Anggota, DPRD Mojokerto Gelar Bimtek Kegiatan Bimtek DPRD Kabupaten Mojokerto.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Menjelang akhir tahun 2019, DPRD Kabupaten Mojokerto menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Optimalisasi Dewan Dalam Pengawasan dan Pembuatan Peraturan Daerah Kabupaten dan Kota, di Surabaya, Kamis (19/12). 

Bimtek yang digelar mulai pukul 15.10 WIB sampai dengan 21.00 WIB ini mengundang beberapa narasumber dari Polres, Biro Hukum Provinsi, Dosen Unmuh Malang, dan Kejaksaan Kabupaten Mojokerto. 

Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto Ayni Zuhro menyampaikan bahwa bimtek dewan ini merupakan bagian dari kegiatan pendidikan atau pembekalan ilmu serta pelatihan DPRD dalam tugasnya sebagai pengawasan dari kinerja pemerintah daerah. 

Sedangkan tujuan bimtek ini agar adanya peningkatan pengetahuan dan wawasan serta keterampilan kepada para anggota dewan serta semua anggota Sekretariat DPRD Kabupaten Mojokerto.

"Dengan harapan, dapat meningkatkan kinerja yang profesional dan berkompeten di lingkungan kerja DPRD dan Pemerintah Kabupaten Mojokerto," harapnya. 

Ayni Zuhro menerangkan, tugas para anggota dewan lebih berfungsi sebagai lembaga pemantau dan pengontrol terhadap kekuasaan pemerintah daerah daripada sebagai lembaga legislatif. 

"DPRD juga bertindak sebagai lembaga pengendali atau pengontrol yang dapat menyetujui atau menolak rancangan peraturan atau rancangan perubahan perubahan peraturan pemerintah daerah," terangnya.

"Sebagai lembaga pengawasan politik yang kedudukannya sederajat dengan pemerintah daerah, DPRD juga mempunyai hak untuk melakukan amandemen, serta dapat menolak berbagai rancangan yang diajukan pemerintah daerah," sambungnya.

Menurutnya, DPRD harus dapat meningkatkan perannya sebagai wakil rakyat yang secara aktif memberikan pengawasan jalannya pemerintahan di Pemerintah Daerah Kabupaten Mojokerto. 

"Terpenting dalam kegiatan Bimtek ini, tetap memberikan pengawasan serta mengontrol akan semua kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Mojokerto. DPRD tetap menampung dan memperjuangkan semua aspirasi rakyat, yang dalam rangka meningkatkan pertumbuhan perekonomian serta membantu pemerintah daerah dalam mewujudkan kesejahteraan di seluruh wilayah Kabupaten Mojokerto," pungkasnya. (ris/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO