Antisipasi Corona, PD DMI Kota Batu Lakukan Sanitasi Siaga Masjid

Antisipasi Corona, PD DMI Kota Batu Lakukan Sanitasi Siaga Masjid H. Achmad Marzuki, Ketua PC Dewan Masjid Indonesia Kota Batu.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Imbauan Pimpinan Pusat (DMI) kepada pimpinan wilayah, pimpinan daerah, kecamatan hingga ranting terkait antisipasi merebaknya virus corona melalui sanitasi siaga masjid dan musala, mendapat respons positif Ketua DMI , H. Achmad Marzuki. 

Ia menegaskan, pihaknya akan segera melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan bergerak bersama pengurus DMI hingga di tingkat ranting melaksanakan imbauan PP DMI.

"Ya, kami secepatnya akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan dinas terkait lainnya terkait hal ini. Tentu saja apa yang akan kami lakukan ini semata-mata untuk menjaga kebersihan masjid dan musala, serta menjaga kekhusukan dalam beribadah," ujar H. Achmad Marzuki, Kamis (5/3).

Pihaknya juga akan meneruskan imbauan PP DMI itu kepada seluruh jajaran pengurus DMI hingga tingkat ranting. Hingga saat ini, jumlah masjid di sekitar 150 masjid dan sekitar 600 musala.

"Minimal nantinya di tiap-tiap masjid dan musala ada penyemprotan disinfektan, baik di tempat wudhu atau di toilet," terangnya.

Sekadar informasi, sehubungan dengan dampak wabah virus corona, PP DMI mengimbau seluruh jajaran di daerah untuk melakukan langkah sanitasi siaga bersama DKM dan takmir masjid dan musala. Caranya, dengan teratur menjaga kebersihan lantai masjid dan musala dengan cairan disinfektan.

Selain itu, meminta para pengurus masjid dan musala menjaga kebersihan karpet dan alas salat lainnya, menjaga kebersihan tempat wudhu dan toilet dengan disenfektan. Juga mengimbau jamaah agar membawa sajadah atau sapu tangan sendiri sebagai alas sujud masing-masing. 

Serta meminta jamaah yang sedang batuk, demam, dan mengalami gejala sakit seperti flu, agar melaksanakan salat di rumah hingga sembuh. (asa/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Dengan Santainya, Maling Gasak Motor Karyawan Pabrik di Kota Batu':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO