Rabu, 16 Juni 2021 15:16

Meski Marak Corona, Pasar, Swalayan, dan Minimarket di Tuban Tetap Buka

Kamis, 19 Maret 2020 13:48 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Gunawan Wihandono
Meski Marak Corona, Pasar, Swalayan, dan Minimarket di Tuban Tetap Buka
Agus Wijaya, Kepala Diskoperindag Kabupaten Tuban.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Tuban, Agus Wijaya menegaskan pasar tradisional, swalayan, dan minimarket di bumi wali tetap buka seperti biasanya meski saat ini sedang marak virus corona. Hanya saja, pihak pengelola diminta meningkatkan kewaspadaan.

"Sampai saat ini penutupan pasar tradisional karena Covid-19 itu tidak benar alias hoax," ujar Agus Wijaya saat dikonfirmasi, Kamis (19/3). Kata dia, penutupan pasar tidak akan dilakukan, kecuali jika ada kondisi mendesak atau instruksi dari bupati.

Sedangkan, untuk mencegah penyebaran Covid-19, pihaknya telah memberikan surat edaran yang harus dipatuhi oleh seluruh pengelola pasar, swalayan, dan atau minimarket.

Melalui Surat Edaran bernomor 443/1649/414.108/2020 tentang Upaya Peningkatan Kewaspadaan Kegiatan Perekonomian tersebut, pengelola pasar, swalayan, dan atau minimarket diminta menyediakan tempat cuci tangan dan alat pendeteksi suhu badan.

BACA JUGA : 

Potensi Jadi Tempat Penularan, Satgas Covid-19 Tuban Gencar Sosialisasi Prokes di Pasar Tradisional

Tinjau Resi Gudang di Tuban, Wamendag: Masih Banyak SRG yang Belum Optimal

DPMPTSP dan Naker Tuban Bakal Berangkatkan 4 Keluarga Program Transmigrasi, Begini Persyaratannya

Parkir Sembarangan di Bahu Jalan, Dishub Tuban Bakal Terapkan Sanksi Tegas

Selain itu, masyarakat juga diimbau tidak melakukan pembelanjaan yang berlebihan, apalagi menimbun barang kebutuhan pokok maupun kebutuhan lainnya.

"Bagi pelaku industri kecil dan menengah yang proses produksinya menggunakan tenaga kerja agar menyediakan tempat cuci tangan dengan sabun. Tidak hanya itu, bagi pekerja yang diketahui sakit flu atau batuk agar memakai masker atau beristirahat di rumah dan memeriksakan diri," bebernya.

Ia menegaskan, Surat Edaran tersebut bersifat mengikat dan wajib ditaati. Surat Edaran itu akan mulai diedarkan ke 69 Pasar Tradisional dan 54 toko modern yang tercatat di Kabupaten Tuban.

Sebelumnya, Pemkab Tuban telah bergerak cepat melakukan pencegahan virus corona (Covid-19) dengan membentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Pembentukan Gugus Tugas itu menindaklanjuti Surat Edaran Gubernur Jawa Timur.

Masyarakat dapat memperoleh informasi lebih lanjut terkait virus corona di Sekretariat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban Jl. Brawijaya no. 3 Tuban, atau menghubungi Call Center 119 ext 9 atau 082 167 119 119. Perkembangan informasi Covid-19 juga dapat diakses melalui covid19.tubankab.go.id. (gun/rev)

Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Rabu, 16 Juni 2021 08:42 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Laksamana Sukardi, mantan politikus PDIP, menulis buku. Baru terbit. Ia menceritakan perisitiwa pemecatan dirinya sebagai Menteri BUMN. Yang hanya menjabat 6 bulan. Ia dipecat Presiden Gus Dur. Karena ada lapora...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...