Sabtu, 05 Desember 2020 00:09

Komunitas Hidroponik Kota Kediri Bagi-Bagi Sayuran untuk Warga yang Isolasi Diri karena Corona

Rabu, 15 April 2020 12:39 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Muji Harjita
Komunitas Hidroponik Kota Kediri Bagi-Bagi Sayuran untuk Warga yang Isolasi Diri karena Corona
Sayuran dari Komunitas Hidroponik Kota Kediri (Kohikari), siap didistribusikan. (foto: ist.)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Menyumbang apa yang dimiliki untuk bersama-sama menghadapi Corona menjadi semangat dari Komunitas Hidroponik Kota Kediri (Kohikari).

Mereka punya sayuran dari hasil kebunnya, maka itulah yang disumbangkan ke wilayah Kota Kediri yang melakukan isolasi mandiri karena salah satu warganya dinyatakan positif Corona.

“Kami menyumbang ke Wilis, Balowerti, dan Bujel,” kata Haryanto, bendahara Kohikari, Rabu (15/4).

Bantuan sayuran itu diberikan ke Perumahan Wilis (Kelurahan Pojok) Kelurahan Balowerti, dan Kelurahan Bujel, tepatnya di RT yang melakukan isolasi mandiri.

Menurut Haryanto, sumbangan ke wilayah yang melakukan isolasi mandiri ini diharapkan membantu meringankan beban dan juga secara nutrisi, menyuplai kebutuhan vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk kekebalan. Tubuh yang kebal akan meminimalisir terjangkitnya virus.

Bantuan berupa pakcoy, samhong, pagoda, sawi, dan 60-an buah mentimun dengan jumlah total sekitar 70 pack. Selain sayuran, juga ditambah lauk berupa tahu. “Kami hanya ingin meringan beban korban dampak Virus Corona dan ingin berbagi dari hasil tanam hidroponik kami,” tambah Haryanto.

Komunitas hidroponik di Kota Kediri ini awalnya komunitas hobi yang kemudian menjadi bisnis dan berproduksi. Menurut Haryanto, total anggotanya kurang lebih 100 orang. Hanya sampai saat ini, belum semua yang menanam sampai produksi.

Kebanyakan masih belajar untuk bertanam, dan kini beberapa sayuran masih remaja sehingga belum bisa dipanen. “Kalau nanti sudah panen lagi, Insyaallah kegiatan ini berlanjut. Kami hanya mendoakan, semoga Virus Corona segera berakhir,” harap Haryanto.

Sejauh ini, meski beberapa bisnis lesu karena dampak pandemik Corona, untuk bisnis sayuran hidroponik relatif tak mengalami perubahan. Produksi masih terus jalan dan permintaan tidak turun.

Dari petani hidroponik ini, ada orang yang mengambil dan disetor ke restoran. Lainnya, banyak hasil panen untuk memenuhi kebutuhan anggotanya sendiri.

Sementara itu, Khoirudin, Kasie Kesra Kelurahan Bujel mengonfirmasi bahwa sumbangan dari Kohikari tersebut membuat masyarakat di sana merasa terbantu dengan sumbangan sayuran segar dari komunitas ini. (uji/dur)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Selasa, 01 Desember 2020 16:52 WIB
PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com – Meletusnya Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, tidak mengakibatkan kenaikan material vulkanik di Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo.Namun demikian, status Gunung Bromo tetap level II atau waspada. Sehingga pengunju...
Sabtu, 28 November 2020 22:34 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Nahdlatul Ulama (NU) punya khasanah (bahasa) baru: Neo Khawarij NU. Istilah seram ini diintroduksi KH Imam Jazuli, LC, MA, untuk mestigmatisasi kelompok kritis NU: Komite Khittah Nahdlatul Ulama (KKNU). Khawarij ...
Rabu, 02 Desember 2020 21:44 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Kamis, 03 Desember 2020 15:46 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...