Senin, 10 Mei 2021 15:19

Jaga Kondusivitas, Kades di Jember Siapkan Kamar Hotel untuk Isolasi Warga yang Pulkam

Minggu, 03 Mei 2020 21:03 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Muhammad Hatta
Jaga Kondusivitas, Kades di Jember Siapkan Kamar Hotel untuk Isolasi Warga yang Pulkam
Kades Jubung Bhisma Perdana.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Seorang Kepala Desa (Kades) di Jember menyiapkan kamar hotel untuk lokasi isolasi warga dari luar Jember yang akan pulang kampung (pulkam) ke Desa Jubung, Kecamatan Sukorambi.

Hal itu dilakukannya dengan dalih untuk menghindari rusaknya suasana keakraban saat momen Idul Fitri di tengah pandemi Covid-19.

Dirinya memilih kamar hotel sebagai lokasi isolasi bagi warga yang nekat pulang kampung ke desanya agar tidak jauh dari wilayah rumah warga yang dikunjungi. Dan juga lebih menjaga suasana kondusif di lingkungan desanya.

"Antisipasi dari kemungkinan ada warga (perantauan) yang memaksa pulang kampung ke Desa Jubung. Nah, kita tidak ingin merusak suasana keakraban sesama warga. Prinsipnya, kita ingin memisahkan orang asli Jubung yang sehat dan pendatang yang tidak tahu kondisinya," kata Kades Jubung Bhisma Perdana saat dikonfirmasi wartawan, Minggu (3/5/2020) siang.

BACA JUGA : 

Siap-siap, Tahun ini Pemkab Jember Dapat Jatah 4.305 CPNS

Gelar Apel Bersama TNI/Polri, Bupati Hendy: Nyawa Itu Tertinggi daripada Semua Hukum yang Ada

Dugaan Penyimpangan BLT DD, Kades di Jember Sebut Warga Penerima Pikun

Cegah Virus India, Inggris, dan Afsel, Khofifah Isolasi 3.636 Pekerja Migran, 33 Orang Positif

Mereka yang pulang kampung itu, kata Bhisma, bisa tetap tenang dengan mengikuti aturan pemerintah isolasi selama 14 hari, juga hubungan keakraban antar warga terjaga baik.

"Tidak ada saling curiga atau perasaan khawatir. Kita ingin hubungan sesama keluarga tetap harmonis, juga antisipasi Covid-19 di wilayah kita," katanya.

Terkait rencana isolasi warga yang nantinya nekat datang untuk mudik, kata Bhisma, akan dilakukan pertengahan Mei ini. "Karena di waktu itu katanya akan ada warga yang masih nekat mudik, juga kami selalu berkoordinasi dengan perangkat pemerintah setempat. Bahkan juga H-7 ada yang nekat mudik itu," katanya.

Dipilihnya hotel sebagai lokasi isolasi, kata pria yang juga seorang pengusaha UMKM kopi olahan ini, agar keluarga yang dikunjungi masih bisa berinteraksi tidak terlalu jauh. Karena menurut Bhisma, ada beberapa hotel yang lokasinya berada di wilayah Desa Jubung.

"Ada 2 hotel dan memungkinkan untuk disewa dan jadi lokasi isolasi. Mekanismenya sesuai protokol keamanan (selama 14 hari), untuk memanfaatkan fasilitas yang ada dan saling membantu antar sesama," ungkapnya.

Juga seperti ia ketahui, usaha perhotelan saat ini sedang lesu dengan kondisi Covid-19. "Untuk anggaran isolasi di hotel itu, kita ada pendapatan asli desa yang cukup jika digunakan sewa kamar hotel sebagai lokasi isolasi. Kecuali ada indikasi ke arah butuh tindakan medis, tidak kita taruh di hotel, tapi langsung ke rumah sakit penanganannya," tandasnya. (ata/yud)

Penjaga Rumah Ibadah Bertanya Berapa Rupiah Jatah Tuhan
Senin, 10 Mei 2021 00:00 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur edisi Ramadan edisi 28 ini mereview cerita Gus Dur tertang para penjaga rumah ibadah. “Mereka berembuk soal sumbangan umat kepada rumah ibadah yang mengalami surplus. Lalu mereka bertanya, berapa ja...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Senin, 10 Mei 2021 05:19 WIB
Oleh: Dahlan Iskan --- LEBARAN kompak: hari Kamis, 13 Mei 2021. Maka, Disway edisi Rabu, Kamis, Jumat di sekitar Lebaran itu, saya akan menurunkan tiga tulisan tentang kebijakan energi untuk kebangkitan negeri.Lebaran tahun ini banyak waktu untu...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...