Ahli Gizi RSUD dr. H. Moh. Anwar Ratri Purwani, Beri Tips Cara Puasa Sehat dan Bugar

Ahli Gizi RSUD dr. H. Moh. Anwar Ratri Purwani, Beri Tips Cara Puasa Sehat dan Bugar dr. Ratri Purwani, Ahli Gizi RSUD dr. H. Moh. Anwar

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Banyak orang yang ragu atau bahkan tidak percaya bahwa puasa dapat membuat tubuh kita menjadi sehat dan bugar. Fenomena atau image itu semakin gencar selama pandemi Corona ini. Bahkan, ada seruan agar tidak melaksanakan puasa, karena dikhawatirkan dapat mengakibatkan atau membuat tubuh menjadi lemah dan drop.

Keraguan dan ketidakpercayaan akan sehatnya orang berpuasa umumnya disebabkan oleh banyak hal, di antaranya karena yang orang yang berpuasa cenderung lemas, mudah lelah dan tidak bertenaga, sehingga banyak di antara mereka sering menghabiskan waktu di tempat tidur.

Lalu bagaimana menurut Ahli Gizi RSUD dr. H. Moh. Anwar, Ratri Purwani? Dia menyakinkan bahwa puasa dapat membuat tubuh sehat. Ratri menegaskan hal itu bukan sebatas jargon belaka. Menurutnya, puasa membuat sehat dan bugar, asalkan, menjalankannya dengan baik dan benar sesuai syari’at dan anjuran kesehatan.

“Selain ibadah itu wajib, puasa sejatinya adalah pembersihan tubuh dari racun. puasa adalah waktu untuk detoks atau pembersihan seluruh angota tubuh dari racun, sehingga makanlah (ganti) dengan makanan sehat,” jelas Ratri BANGDSAONLINE.com

Konsumsi sayur dan buah, terang Ratri, adalah pilihan yang sangat tepat. Ia menganjurkan mengonsumsi makanan yang organik dan variatif, mengurangi konsumsi gula sederhana (IG rendah), konsumsi madu dan kurma.

"Masaklah makanan dengan cara menumis, mengukus, atau mentah, dan makanlah secara bertahap agar pencernaan dapat beradaptasi. Dan yang terpenting, apalagi di masa pandemik ini, diolah sendiri makanan yang dikonsumsi," tuturnya.

Untuk itu Ratri, memberikan tips agar Ibadah puasa dapat membuat orang yang menjalaninya sehat dan bugar. Namun pertama-tama, dia menjelaskan, yang terpenting harus memahami kesehatan tubuh, dan niatnya hanya karena Allah. "Utamakan makanan padat gizi, makan makanan beraneka ragam," katanya.

"Dan jangan lupa selalu bersegerakan berbuka puasa, minum air yang cukup, sahur diakhirkan jelang imsak, enyahkan rasa kantuk, hindari yang serba terlalu, atur kegiatan dan istirahat yang cukup," paparnya.

Lihat juga video 'Terbukti! Cara ini Basmi Kecoa di Mobil Anda':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO