Menaker Ida Fauziah: Selama Masa Pandemi Covid-19, Tidak Ada TKA asal Cina Masuk Indonesia

Menaker Ida Fauziah: Selama Masa Pandemi Covid-19, Tidak Ada TKA asal Cina Masuk Indonesia Webinar Seri 2 Ikatan keluarga Alumni Sunan Ampel (IKA-UINSA) Surabaya, Jumat (28/05).

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Selama pandemi Covid-19, tidak benar kalau ada tenaga kerja asing (TKA) asal Cina yang masuk ke Indonesia. Video kedatangan TKA asal Cina yang sempat viral di medsos itu merupakan kasus lama yang digoreng untuk kepentingan politik.

Hal itu ditegaskan oleh Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Ida Fauziah pada saat menjadi pembicara dalam webinar Seri 2 Ikatan keluarga Alumni Sunan Ampel (IKA-UINSA) Surabaya, Jumat (28/05).

“Soal masuknya TKA asal Cina itu merupakan kasus lama yang didaur ulang. Jadi, selama pandemi Covid-19 tak ada tenaga kerja asing yang masuk ke Indonesia. Karena memang tidak Kami perbolehkan,” ujar Ida Fauziah.

Menurut mantan ketua umum Fatayat ini, kementerian yang dipimpinannya memang sempat menerima pengajuan izin sekitar 500 TKA asal Cina untuk mengerjakan proyek strategis nasional, namun masih belum dizinkan.

Meskipun para TKA itu sudah melengkapi protokol kesehatan. Namun, dengan alasan situasi dan kondisi saat ini yang belum kondusif, pihaknya minta agar menundanya.

Alumni Fakultas Syariah UINSA Surabaya ini menambahkan, bahwa TKA yang diperbolehkan masuk ke Indonesia merupakan tenaga ahli. Umumnya para TKA ini dibutuhkan untuk memasang sekaligus mengoperasikan alat-alat yang didatangkan dari luar negeri. Itupun untuk proyek-proyek strategis nasional yang memang sudah ada perjanjiannya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO