Prof. Dr. M. Nur Yasin: Masa Pandemi Covid-19 Berakibat Menurunnya Imunitas Nasional

Prof. Dr. M. Nur Yasin: Masa Pandemi Covid-19 Berakibat Menurunnya Imunitas Nasional Prof M Nur Yasin, Guru Besar UIN Malang.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Masa pandemi Covid-19 mengakibatkan menurunnya imunitas nasional, yang ditandai dengan social shock di kelas masyarakat bawah. Hal ini bisa dilihat dari beberapa peristiwa akhir-akhir ini.

Menurunnya koordinasi politik dengan adanya pembatalan kegiatan haji dan pelepasan narapidana asimilasi merupakan bukti adanya social shock. "Akibat pandemi Covid 19 juga memunculkan persepsi negara gagal dan hilangnya kemaslahatan," ujar Prof. Dr. M. Nur Yasin, S.H., M.Ag.

Guru besar UIN Malang itu menyampaikan hal tersebut dalam seminar nasional online (webinar) yang diselenggarakan Ikatan Keluarga Alumni Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (IKA UINSA), Jum'at (5/6/2020) .

Alumni Fakultas Syariah UINSA tersebut menerangkan, negara gagal bisa ditandai dengan hilangnya kontrol wilayah sendiri. Misalnya, Papua menerapkan kebijakan lockdown sendiri. Monopoli pengerahan pasukan TNI-Polri akibat pemerintah daerah kewalahan.

Kemudian, tergerusnya kewenangan yang sah dengan main hakim sendiri. Tidak mampu melayani publik dibuktikan adanya sopir melakukan boikot. Tidak mampu berinteraksi dengan negara lain. Pemerintah pusat tidak bisa mengendalikan pemerintah daerah.

Selanjutnya, adanya korupsi yang meluas, pengungsi tak terkendali, serta memburuknya ekonomi secara tajam. Hal-hal semacam itu, Nur Yasin berharap tidak terjadi. "Saya tidak pingin NKRI chaos. Saya pingin NKRI harus kuat," kata Yasin.

Perkuat NKRI, Polisi Kawal Kampung Siaga

Narasumber lainnya, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Ahmad Luthfi, S.H., S.S.T., dalam seminar bertema "Penguatan NKRI Ditengah Pandemi" mengungkapkan, untuk menguatkan NKRI di masa pandemi Covid-19, Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah telah sukses mengawal Kampung Siaga (Kasi) di beberapa wilayah. Konsep ini bisa dicontoh daerah lain untuk merekatkan persatuan bangsa.

Dijelaskan, Kampung Siaga ini merupakan kampung bentukan kolaborasi pemerintah bersama warga dengan pengawalan kepolisian. Kasi menerapkan protokol Covid-19.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO