Sabtu, 10 April 2021 20:58

Sempat Vakum Akibat Pandemik, Amphibi Jatim Kembali Gerak untuk Perbaikan Lingkungan

Sabtu, 18 Juli 2020 17:20 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Catur Andy
Sempat Vakum Akibat Pandemik, Amphibi Jatim Kembali Gerak untuk Perbaikan Lingkungan
Rakerda DPW Amphibi Jatim bersama pengurus DPD Amphibi Kabupaten Nganjuk, Jumat (17/7) kemarin.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Setelah sempat vakum selama masa pandemi Covid-19, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Aliansi Masyarakat Pemerhati Lingkungan Hidup dan B3 Indonesia (Amphibi) Jawa Timur kembali aktif bergerak menyoroti dan memberi solusi berbagai persoalan lingkungan.

Aktifnya kembali DPW Amphibi Jatim ini ditandai dengan dilakukannya rapat kerja daerah (rakerda) bersama pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Amphibi Kabupaten Nganjuk, pada Jumat kemarin (17/7).

Rakerda tersebut untuk menyusun program kerja ke depan dan mengevaluasi kinerja pengurus DPD Nganjuk. Hadir dalam rakerda itu Ketua DPW Amphibi Jatim Samsul Hadi didampingi penasehat Saechurojji, Kabiro Hukum Sutarjo, dan Tim Investigasi Surya Darma.

Samsul Hadi menjelaskan, rakerda ini diperlukan untuk mempertajamkan kembali visi dan misi Amphibi. Bahwa Amphibi sebagai lembaga lingkungan hidup independen (NGO), bekerja sesuai amanat perintah Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

BACA JUGA : 

Buntut Pelaporan Bupati Ipong Soal Dugaan Pelanggaran PPKM Mikro, Ketua LSM 45 Dipanggil Polisi

​Beredar Foto Panas Mirip Bupati Banyuwangi, BCW Ajukan Hearing ke DPRD

Ngopi Bareng Wartawan Bahas Pilkada Serentak, Senadi Harjo Imbau Masyarakat Tak Golput

Lawan Keputusan Organisasi, DPK Jaman Surabaya Dinonaktifkan

Samsul Hadi menjelaskan, rakerda ini diperlukan untuk mempertajamkan kembali visi dan misi Amphibi. Bahwa Amphibi sebagai lembaga lingkungan hidup independen (NGO), bekerja sesuai amanat perintah Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

"Meskipun sebagai lembaga pengawas atau sosial kontrol, tapi Amphibi selalu menjalin kerja sama juga membangun sinergitas dengan siapa pun dan lembaga manapun, termasuk industri," kata Samsul, Sabtu (18/7).

Amphibi selalu membuka ruang selebar-lebarnya kepada siapa pun untuk bekerja sama dalam perbaikan lingkungan hidup. Hal ini dilakukan demi terciptanya suasana lungkungan hidup yang asri, sejuk, dan sehat.

Samsul menambahkan, sejak awal berdiri 2016 lalu, Amphibi selalu membantu Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) guna menyosialisasikan program lingkungan. Amphibi juga sering terlibat langsung dalam aksi nyata perbaikan lingkungan hidup dan sosial kemasyarakatan, seperti penanaman sejuta pohon, penanaman mangrove, dan pembagian santunan.

Dalam kesempatan kali ini, Penasihat dan Kabiro Hukum Amphibi Jatim juga memberikan arahan kepada pengurus DPD Amphibi Nganjuk terkait masalah pelanggaran lingkungan. Pada saat ada temuan dugaan pencemaran lingkungan, pengurus DPD Amphibi di daerah-daerah diminta mengedepankan etika berorganisasi. Yaitu dengan tetap melakukan koordinasi dengan DPW Amphibi Jatim.

Sementara para pengurus DPD Amphibi Nganjuk berkomitmen akan membuat program kerja baru. Mereka juga akan membuat kreativitas dan berinovasi menciptakan hal-hal baru berkaitan perbaikan lingkungan hidup. (cat/rev)

5 Kios Pasar Ranggeh Pasuruan Rusak Tertimpa Pohon
Sabtu, 10 April 2021 02:59 WIB
Pasuruan, BANGSAONLINE.com - Sebuah Pohon Trembesi roboh menimpa Pasar Ranggeh di Desa Karangsentul Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.Akibatnya, 8 kios milik pedagang rusakDelapan kios milik pedagang yang rusak itu terdiri dari toko kelontong, pertanian...
Senin, 05 April 2021 10:05 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com.com - Gua Jegles, begitu nama gua yang masih dalam pembenahan itu sering disebut. Gua yang terletak di Dusun Jegles, Desa Keling, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri tersebut saat ini memang sedang viral di media sosial (medso...
Sabtu, 10 April 2021 05:43 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.COM – Kapal super raksasa Ever Given ternyata masih ditahan pemerintah Mesir. Kapal milik perusahaan Jepang itu dimintai ganti rugi Rp14 triliun setelah sempat menyumbat Terusan Suez.Loh? Silakan simak tulisan Dahlan Iskan ...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Jumat, 09 April 2021 09:59 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...