Dua Pasien Positif Covid-19 di Kabupaten Probolinggo Meninggal Dunia

Dua Pasien Positif Covid-19 di Kabupaten Probolinggo Meninggal Dunia Update terkonfirmasi positif Covid-19 Kabupaten Probolinggo. (foto: ist).

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Jumlah pasien positif Covid-19 di Kabupaten Probolinggo yang meninggal dunia kembali bertambah. Saat ini, jumlahnya mencapai 9 orang setelah ada tambahan 2 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas (Gugas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo, dr. Anang Budi Yoelijanto mengatakan, dua orang terkonfirmasi positif Covid-19 yang meninggal dunia ini adalah laki-laki berusia 33 tahun dari Desa Tambakrejo Kecamatan Tongas dan perempuan berusia 46 tahun dari Desa Pabean Kecamatan Dringu.

“Mereka berdua masuk dalam Klaster Pelangi karena penularannya terjadi secara horizontal yang tidak jelas sumbernya,” ujar dr. Anang Budi Yoelijanto yang juga menjabat Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo ini, Selasa (4/8/2020).

Menurut Anang, untuk pasien warga Desa Pabean Kecamatan Dringu ini sebenarnya meninggalnya sudah beberapa hari yang lalu. Waktu itu, posisinya dalam posisi probable kasus suspect.

“Tetapi karena hasil pemeriksaan swab-nya masih belum keluar, maka yang bersangkutan dimakamkan sesuai dengan protokol kesehatan pemakaman Covid-19. Namun saat ini, hasil pemeriksaan swab-nya keluar dan positif dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19,” jelasnya.

Sedangkan pasien dari Desa Tambakrejo Kecamatan Tongas, merupakan kontak erat dari kasus sebelumnya. “Yang bersangkutan ini menjalani perawatan di RSUD Tongas dengan komorbid kelebihan berat badan atau gemuk,” terangnya.

Anang menambahkan, faktor kegemukan memang juga memiliki risiko yang besar. Dan saat dilakukan pemeriksaan rontgen ada gambaran pneumonianya. Begitu dilakukan pemeriksaan swab, hasilnya positif terkonfirmasi Covid-19.

“Untuk proses pemakamannya dari yang bersangkutan dilakukan sesuai dengan standar prosedur protokol kesehatan pemakaman Covid-19,” pungkasnya. (ndi/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO