Rabu, 30 September 2020 22:28

Gairahkan Kembali Roda Perekonomian, Pemkot Mojokerto Gelar Pameran Industri Kreatif

Rabu, 05 Agustus 2020 18:20 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Rochmad Aris
Gairahkan Kembali Roda Perekonomian, Pemkot Mojokerto Gelar Pameran Industri Kreatif
Wali Kota Mojokerto meninjau salah satu stan IKM.

KOTA MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Mojokerto menggelar pameran industri kreatif di Grand Atrium Sunrise, Kota Mojokerto, Rabu (5/8/2020). Ini tak lain sebagai upaya sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) kembali bergairah dalam roda perekonomian.

Pameran yang terdiri dari 10 stan dari 7 komunitas UMKM Kota Mojokerto digelar sejak tanggal 4 hingga 6 Agustus ini, dibuka langsung oleh Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari.

Kepada awak media, Ning Ita-sapaan akrab wali kota mengatakan bahwa pameran itu adalah yang perdana di era pandemi Covid-19. Wanita yang saat ini dikenal dengan Spirit of Majapahit ini berharap, seluruh sektor usaha mikro kecil dan menengah kembali bergairah dengan adanya pameran UMKM.

"Memang semua sektor saat ini terdampak akibat Covid-19, tak terkecuali sektor UKM dan UMKM. Pameran ini adalah salah satu upaya dan ikhtiar kita untuk menghidupkan kembali roda perekonomian di Kota Mojokerto," ungkapnya.

Ia menjelaskan, pameran dari berbagai hasil karya olahan lokal warga kota, seperti makanan, minuman, kaos, sepatu hingga pernak-pernik juga bertujuan untuk memperkenalkan produk lokal unggulan Kota Mojokerto ke peserta rapat koordinasi Persatuan Bank Milik Daerah (Perbamida) se-Jawa Timur dan Bali serta Kompartemen Abisindo DOW Jatim yang digelar di Sapphire Ballroom Hotel Ayola, Kota Mojokerto.

"Kebetulan saat ini ada rakor Perbamida se-Jawa Bali di Hotel Ayola, jadi sekalian kita kenalkan produk unggulan kita melalui pameran ini," imbuhnya.

Terpisah, Kepala Bidang Perindustrian Disperindag Kota Mojokerto Fibriyanti menyebutkan, pameran ini diikuti tujuh komunitas Industri Kecil Menengah (IKM) di Kota Mojokerto.

Di antaranya, komunitas batik sebanyak 6 peserta, komunitas makanan minuman (mamin) sebanyak 30 peserta, komunitas sepatu sebanyak 5 peserta, komunitas craft sebanyak 7 peserta, komunitas kopi sebanyak 2 peserta, komunitas wanita tani sebanyak 1 peserta, dan komunitas sablon juga satu peserta. "Total ada 10 stan dan dihuni 7 komunitas IKM se-Kota Mojokerto," pungkasnya.

Pantauan di lapangan, wali kota tiba di lokasi pameran sekitar pukul 11.00 siang. Saat meninjau stan, Ning Ita didampingi Direktur Pengawasan LJK 1 OJK Regional IV Jatim, Sotar Duga Napitupulu. (ris/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Rabu, 30 September 2020 20:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Pada tahun 90-an. Saat itu saya baru nikah. Saya bersama beberapa anak muda nongkrong di warung kopi. Tak jauh dari rumah. Warung itu terletak di pinggir jalan. Sekitar 300 meter dari Fakultas Kedokteran Universitas Ai...
Senin, 28 September 2020 22:43 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*32. waidhrib lahum matsalan rajulayni ja’alnaa li-ahadihimaa jannatayni min a’naabin wahafafnaahumaa binakhlin waja’alnaa baynahumaa zar’aanDan berikanlah (Muhammad) kepada mereka sebuah perumpamaan, dua...
Minggu, 27 September 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...