Dinilai Prospektif, BHS Minta Pemkab Sidoarjo Dampingi Usaha Kerajinan Daur Ulang Limbah

Dinilai Prospektif, BHS Minta Pemkab Sidoarjo Dampingi Usaha Kerajinan Daur Ulang Limbah PROSPEKTIF: Bambang Haryo Soekartono (BHS) mengunjungi usaha kerajinan daur ulang limbah di Desa Sedati Agung, Sedati, Kamis (6/8). foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Bakal Calon Bupati (Bacabup) Sidoarjo Bambang Haryo Soekartono (BHS) berharap Pemkab Sidoarjo mendampingi usaha kerajinan limbah. Selain bisa mengurangi permasalahan sampah, usaha ini memiliki prospek ekonomi.

Hal itu disampaikan BHS saat mengunjungi usaha kerajinan limbah di Dusun Manyar, Desa Sedati Agung Kecamatan Sedati, Kamis (6/8). "Kreativitas masyarakat seperti ini harus didukung. Nantinya kita dorong industri kerajinan memanfaatkan limbah ini jadi ciri khas (produk) Sidoarjo," cetus BHS.

Politikus Partai Gerindra ini mengapresiasi usaha kerajinan limbah. Sebab, usaha tersebut bisa memanfaatkan limbah atau sampah yang biasanya menjadi persoalan, termasuk di Sidoarjo. Dengan adanya usaha tersebut, nantinya juga bisa memanfaatkan limbah atau sampah yang berasal dari pasar tradisional.

Kata BHS, pihaknya telah melakukan pengecekan di sejumlah pasar tradisional di Sidoarjo. Dan ternyata 80 persen limbahnya bisa di. Ada yang dijadikan pupuk. Ada juga untuk pakan ternak. "Nah, ini ternyata masih ada lagi. Bisa di menjadi karya seni yang nilainya bisa 10 kali lipat dari harga limbah tersebut," urainya.

Selain itu, kata BHS, kerajinan limbah ini ternyata bisa menghasilkan keuntungan 500 hingga 1.000 persen, jika dibandingkan dari harga limbah. Karena itulah BHS bertekad untuk mendorong pengembangan usaha kerajinan limbah sehingga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi Kabupaten Sidoarjo.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO