Minggu, 09 Mei 2021 21:08

​Makam Gus Dur Masih Tutup, Tebuireng Masih Fokus Pengaktifan Pesantren

Sabtu, 08 Agustus 2020 14:35 WIB
Editor: MMA
​Makam Gus Dur Masih Tutup, Tebuireng Masih Fokus Pengaktifan Pesantren
Makam Gus Dur di maqbarah keluarga Pesantren Tebuireng Jombang, Jawa Timur. foto: bangsaonline.com

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Seiring penerapan adaptasi kebiasaan baru, banyak destinasi wisata religi mulai membuka diri. Meski demikian, lokasi wisata religi makam Presiden Keempat Republik Indonesia KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) masih tertutup untuk peziarah. Makam yang berlokasi di Kompleks Maqbaroh Masyayikh Tebuireng itu mulai ditutup sejak 16 Maret 2020.

"Perlu kami tegaskan bahwa status penutupan akses makam untuk peziarah masih tetap berlaku, sesuai surat Pengasuh Pesantren Tebuireng Nomor 1524/I/HM 00 01/PENG/2020 tanggal 14 Maret lalu," terang Sekretaris Pesantren Tebuireng Abdul Ghofar, Sabtu (8/8/2020).

Penegasan ini, kata Gus Ghofar, perlu disampaikan mengingat ada sebagian masyarakat yang menyangka lokasi wisata Makam Gus Dur sudah dibuka untuk peziarah.

"Jadi status makam masih tetap ditutup untuk peziarah hingga ada pemberitahuan lebih lanjut. Kami mohon masyarakat yang hendak mendoakan Gus Dur dan masyayikh Tebuireng cukup dilakukan dari rumah masing-masing," tandasnya.

BACA JUGA : 

Gelar Silaturahmi, Gus Irfan Kenalkan Gemira ke Alumni Tebuireng

Gus Irfan Prihatin Santri Mbah Moen Gagal Dilantik Perangkat Desa Gara-gara Ijazah Pesantren

​Pendukung MLB Terus Bertambah, Tiga DPW dan Tujuh DPC PKB di Kalimantan Gabung

Kemendikbud Ceroboh, Pesantren Tebuireng Desak Minta Maaf dan Tarik Naskah Kamus Sejarah Indonesia

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Pesantren Tangguh Tebuireng Nur Hidayat menuturkan, saat ini energi seluruh pengurus pesantren yang didirikan Hadlratus Syaikh Hasyim Asy'ari itu masih berfokus pada persiapan mengaktifkan kembali kegiatan di pesantren.

"Santri yang diundang kembali ke pondok pada 20 Juli lalu telah selesai menjalani karantina dan memulai pembelajaran sejak awal Agustus. Saat ini kami sedang mempersiapkan kedatangan kloter kedua untuk memastikan kondisi mereka sehat dan prima saat memasuki pondok dan memulai kegiatan," imbuh Hidayat.

Lokasi makam Gus Dur terdapat di dalam kompleks Pesantren Tebuireng. Di lokasi yang sama dengan tempat munajat para peziarah, para santri menjalani kegiatan pengajian rutin sehari-hari.

"Demi keselamatan dan kesehatan warga pesantren, kami berharap masyarakat memahami keputusan tersebut. Sebab, amanat pengasuh kepada seluruh pengurus adalah menjadikan keselamatan dan kesehatan santri sebagai prioritas utama," tegasnya.

Pada akhir Agustus yang bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha, Pesantren Tebuireng untuk pertama kalinya memfungsikan Masjid Ulul Albab sebagai tempat salat Jumat. Masjid Ulul Albab merupakan masjid kedua di Tebuireng yang diresmikan oleh Presiden Bacharuddin Jusuf Habibie bertepatan dengan seabad usia pesantren tersebut. (tim)

Bernuansa Menara Kudus, Mushola An-Nabaat Diresmikan Wabup Nganjuk
Minggu, 09 Mei 2021 00:50 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Cita Indonesia Group, perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, pertanian, dan peternakan, meresmikan Mushola An-Nabaat yang berlokasi di Desa Batembat Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk. Peresmian mushola ini dil...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Minggu, 09 Mei 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Tulisan Dahlan Iskan kali ini sangat menyentuh. Tentang prahara rumah tangga pemilik Gedung Empire Palace Surabaya: Gunawan Angkawidjaja dan istrinya, Chin Chin atau Trisulowati.Menurut Dahlan Iskan, Gunawan bukan ha...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...