Sabtu, 31 Oktober 2020 17:00

Kukuhkan 90 Anggota​, Bupati Pungkasiadi Minta FKDM Cegah Ancaman Konflik

Selasa, 18 Agustus 2020 17:07 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Yudi Eko Purnomo
Kukuhkan 90 Anggota​, Bupati Pungkasiadi Minta FKDM Cegah Ancaman Konflik
Bupati Pungkasiadi ketika memberikan pengarahan kepada FKDM. (foto: ist).

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Bupati Mojokerto, Pungkasiadi mengukuhkan 90 orang anggota Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), termasuk juga sosialisasi peningkatan laporan informasi. Acara tersebut digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Mojokerto di Hotel Vanda Gardenia Trawas, Selasa (18/8/2020) pagi.

“Kalau sudah waspada sejak dini, artinya hal-hal yang membahayakan dan menimbulkan konflik bisa dicegah. Waspada itu bisa banyak bentuknya. Misalnya bencana alam, ada alat namanya Early Warning System (EWS). Panjenengan ibaratnya berfungsi seperti itu," ucap Bupati Pungkasiadi.

Bupati juga meminta agar elemen masyarakat ikut mendukung terciptanya suasana aman dan tenteram jelang pilkada serentak yang akan digelar pada 9 Desember 2020 mendatang.

“Pileg tahun 2018 berjalan lancar, begitu pun dengan pilpres dan pilkades di tahun 2019. Nah, sebentar lagi kita akan menyongsong pilkada serentak pada tanggal 9 Desember mendatang. Ada 270 daerah se-Indonesia, serta 19 daerah di Jawa Timur termasuk Kabupaten Mojokerto yang akan melaksanakan hajat demokrasi ini. Tolong bantu dorong mengondusifkan suasana agar berjalan aman tenteram dan damai,” ujar bupati dalam arahan.

Sementara itu, Yo’ie Afrida Soesetyo Djati, Kepala Bakesbangpol Kabupaten Mojokerto menerangkan, FKDM dibentuk untuk mengemban tugas mengidentifikasi serta memetakan potensi ancaman yang mungkin terjadi di masyarakat. Dari situ, diharapkan muncul solusi-solusi strategis untuk mengatasi.

“Kemajuan Indonesia tidak akan ada jika tidak diimbangi ketahanan wilayah masing-masing. Partisipasi panjenengan sangat besar untuk menyokong kemajuan Indonesia. Apalagi di masa pandemi Covid-19 dan pilkada, peran panjenengan jelas sangat vital. FKDM berfungsi untuk menjaga situasi wilayah agar tetap aman tenteram, dengan memetakan antisipasi gangguan maupun ancaman melalui deteksi dini,” terang Yo'ie.

Usai mengelar pengukuhan FKDM, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Mojokerto melaksanakan giat Pembinaan LSM dan Ormas Kabupaten Mojokerto 2020 di tempat dan hari yang sama.

“Hari ini kita mengundang 75 LSM dan ormas yang terdaftar di Kabupaten Mojokerto. Narasumber acara terdiri dari unsur Polres Mojokerto, Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesra Didik Chusnul Yakin, serta Kabag Administrasi Pemerintahan Rahmat Suhariyono,” pungkas Yo'ie. (yep/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 28 Oktober 2020 18:30 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Selama ini, masyarakat jamak mengetahui khasiat minyak kayu putih dipakai sebagai penghilang masuk angin atau perut kembung. Jarang atau belum banyak yang tahu kalau minyak tersebut berasal dari sebuah tanaman kayu putih. ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Sabtu, 31 Oktober 2020 10:28 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...