Animo Masyarakat Tinggi, Penukaran Uang Pecahan Rp 75 Ribu Diundur Hingga 30 September

Animo Masyarakat Tinggi, Penukaran Uang Pecahan Rp 75 Ribu Diundur Hingga 30 September

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Pasca dikeluarkannya uang pecahan Rp 75 ribu untuk memperingati hari kemerdekaan, animo masyarakat untuk mendapatkan uang baru tersebut cukup besar. Namun, masyarakat tidak perlu khawatir kehabisan, karena stoknya masih mencukupi.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Perwakilan Jember, Hestu Wibowo saat konferensi pers di, Rabu (19/8/2020). Bank Indonesia sendiri telah menyediakan uang pecahan baru secara nasional sebanyak 75 juta lembar.

Dengan jumlah yang cukup banyak, masyarakat diharapkan untuk tidak khawatir kehabisan. Pasalnya, stok uang tersebut masih cukup untuk masyarakat.

"Untuk stok ketersediaan uang masih cukup banyak. Masyarakat bisa mendapatkannya sebagai koleksi atau alat tukar," ujarnya.

Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan uang tersebut, menurutnya, bisa melakukan preorder terlebih dahulu melalui aplikasi BI Pintar. "Penukaran ini dilakukan melalui aplikasi BI Pintar dan harus preorder dahulu," imbuhnya.

Bagi masyarakat yang sudah preorder, harus datang ke BI di 46 kota di Indonesia untuk menukarkan uang dengan membawa kartu identitas diri, baik KTP, SIM, atau identitas lainnya.

"Setelah dibuka penukaran selama 10 hari, untuk preorder sudah full saat ini. Namun akan diperpanjang hingga 30 September 2020. Karena hal ini melihat animo masyarakat yang tinggi. Kita perpanjang penukaran uang ini smpai 30 September 2020," ungkapnya.

Ia menambahkan, selama penukaran tersebut, per harinya BI hanya melayani penukaran sebanyak 150 orang saja. Karena kondisinya masih dalam pandemi seperti ini. (jbr1/yud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO