Sabtu, 16 Januari 2021 03:32

​Hasil Kongres Kedua AMSI: Wens-Komang Lanjutkan Kepemimpinan untuk Periode 2020-2023

Minggu, 23 Agustus 2020 13:40 WIB
Editor: Tim
​Hasil Kongres Kedua AMSI: Wens-Komang Lanjutkan Kepemimpinan untuk Periode 2020-2023

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Pasangan Wens Manggut dan Wahyu Dhyatmika (Komang) kembali memimpin Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) periode 2020-2023. Wens Manggut adalah Chief Content Officer (COO) KapanLagi Youniverse, sedangkan Wahyu Dhyatmika adalah Pemimpin Redaksi Majalah Tempo.

Wens & Komang ditetapkan sebagai Ketua Umum & Sekjen AMSI secara aklamasi dalam Kongres Kedua AMSI yang dibuka pada Sabtu (22/8/2020) pagi, setelah nama lain yang diusung menyatakan tidak bersedia dicalonkan.

Sedianya, Kongres Kedua AMSI akan digelar di Surabaya Jawa Timur, akan tetapi karena pandemi Covid-19, kongres digelar secara virtual. Sementara tema yang diusung dalam Kongres Kedua AMSI tersebut adalah "Membangun Ekosistem Media Siber Berkelanjutan".

"Kongres menetapkan Wens Manggut sebagai Ketua Umum AMSI dan Wahyu Dhyatmika sebagai Sekjen AMSI," ujar Pimpinan Sidang Kongres Kedua AMSI, Arief Rahman, Sabtu (22/8/2020).

Sementara itu, Wens Manggut mengapresiasi kepercayaan anggota AMSI dan menyatakan siap menerima mandat sebagai ketua umum periode kedua ini.

"Waktu dipilih 3 tahun lalu menjadi ketua, saya terima karena saya melihat kebersamaan yang luar biasa, dan selama 3 tahun ini kebersamaan itu tak pudar, dan itu pulalah alasan saya mau menerima mandat periode kedua ini," ujar Wens.

Dia mengungkapkan bahwa tantangan terbesar saat ini adalah perubahan yang begitu cepat pada industri informasi dan bisnis media. Tantangan itu tidak hanya memerlukan profesionalitas, tetapi juga memerlukan kesamaan langkah dan sikap soal ekosistem digital. "Kesatuan pikiran itulah kekuatan AMSI," tandasnya.

Kongres Kedua AMSI juga menetapkan lima anggota Badan Pertimbangan dan Pengawas AMSI, yakni Sapto Anggoro (Pemred Tirto.id), Viktor C. Mambor (Penanggung Jawab Tabloidjubi.com), Dwi Eko (Lucky) Lokononto (Pemred Beritajatim.com), Citra Dyah Prastuti (Pemred KBR), dan Iin Yumiyanti (Wakil Direktur Konten detiknetwork).

Sementara itu, kongres juga mengusulkan sejumlah nama yang akan duduk pada kursi Majelis Etik AMSI, yakni Nezar Patria (Thejakartapost.com), Arifin Asydhad (Pemred Kumparan.com), Metta Dharmasaputra (Co-founder & CEO Katadata), Upi Asmaradhana (Pemred kabarmakassar.com), Irfan Junaedi (Pemred republika.co.id), Citra Dyah Prastuti (Pemred KBR), Arief Rahman (Pemred lensaindonesia.com), Yatimul Ainun (Pemred timesIndonesia.co.id), Abdul Manan (Ketua Umum AJI), Ati Nurbaeti (Mantan Ketua Umum AJI), Teguh Imam Wibowo (Kepala Biro Antara Kalbar), dan Yoseph Stanley Adi Prasetyo (Tokoh Pers).

Pengurus terpilih selanjutnya akan menetapkan tiga nama untuk menjadi Majelis Etik AMSI Periode 2020-2023.

Berikut Daftar Pengurus Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Periode 2020-2023:

Ketua Umum: Wenseslaus Manggut

Sekjen: Wahyu Dhyatmika (Komang)

Badan Pertimbangan dan Pengawas AMSI:

1. Sapto Anggoro

2. Viktor C. Mambor

3. Dwi Eko (Lucky) Lokononto

4. Citra Dyah Prastuti

5. Iin Yumiyanti

Usulan Majelis Etik AMSI:

1. Nezar Patria

2. Arifin Asydhad

3. Upi Asmaradhana

4. Metta Dharmasaputra

5. Irfan Junaedi

6. Citra Dyah Prastuti

7. Arief Rahman

8. Yatimul Ainun

9. Abdul Manan

10. Ati Nurbaiti

11. Teguh Imam Wibowo

12. Yoseph Stanley Adi Prasetyo. (tim)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Senin, 11 Januari 2021 16:42 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Kerusuhan politik yang dilakukan pendukung fanatik Presiden Donald Trump menelan banyak korban jiwa. Setidaknya, empat pendukung Trump dan dua polisi dikabarkan meninggal dunia terkait aksi demo anarkis di Gedung Cap...
Jumat, 15 Januari 2021 23:19 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...