​Dispertabun Kabupaten Kediri Gelar Pelatihan Operasional Drone untuk Pemetaan Lahan Pertanian

​Dispertabun Kabupaten Kediri Gelar Pelatihan Operasional Drone untuk Pemetaan Lahan Pertanian Suasana pelatihan operasional drone untuk pemetaan lahan pertanian. (foto: ist).

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri melakukan pelatihan operasional pesawat udara tanpa awak alias terhadap para pegawainya. Melalui pelatihan tersebut, diharapkan dapat mempermudah dalam pemetaan berbasis lahan pertanian.

Pelatihan berlangsung di Kantor Dispertabun, Jalan Soekarno Hatta Kabupaten Kediri. Sedikitnya, ada 15 peserta dari setiap bidang di Dispertabun yang mengikutinya. Sementara pemateri pelatihan berasal dari sebuah komunitas di Malang.

Arahayu Setyoadhi, Kasi Perbenihan dan Perlindungan Tanaman Holtikultura Dispertabun Kabupaten Kediri menuturkan, pelatihan operasional ini bertujuan untuk mempermudah kinerja dalam pemetaan lahan. Apabila sebelumnya, pemetaan menggunakan jasa konsultan yang terbatas oleh sistem kerja sama dan waktu serta biaya, tetapi ke depan dapat ditangani secara mandiri, sehingga lebih efektif.

"Harapan ke depan dapat digunakan untuk pemetaan lahan secara luas. Awalnya, memang untuk tanaman pangan, padi dan jagung. Tetapi ke depan rencananya untuk melihat potensi Kabupaten Kediri baik dari komoditas perkebunan, pangan, maupun komoditas holtikulturanya," jelas Arahayu Setyoadhi, Selasa (8/9/2020).

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Viral, Paspampres Tembaki Drone Liar Saat Pembukaan PON XX Papua':