Rabu, 23 September 2020 12:57

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kediri Laksanakan Pelayanan Keliling Satu Hari Jadi

Rabu, 16 September 2020 10:04 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Muji Harjita
Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kediri Laksanakan Pelayanan Keliling Satu Hari Jadi
Petugas saat melayani warga yang akan mengurus Administrasi Kependudukan. (Kominfo)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Selama Pandemi Covid-19 Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kediri tetap melaksanakan Pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) Keliling Desa Sehari Jadi. Hari Sabtu, 12 September 2020 lalu, mobil pelayanan keliling berada di Desa Pranggang Kecamatan Plosoklaten.

Bagi masyarakat sesuai KTP beralamat di Desa Pranggang bisa mengurus Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, Akta Kematian, dan perekaman e-KTP yang ditempatkan di gedung balai desa. Kecuali e-KTP, pengurusan dokumen kependudukan tersebut dapat dilakukan satu hari jadi.

Dikatakan oleh Ilham, Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, selama pandemi Covid-19 pelayanan administrasi kependudukan keliling tetap dilaksanakan di desa-desa tetapi dengan mengedepankan protokol kesehatan.

“Biasanya dalam kondisi normal bisa melayani hingga 100 pemohon, saat ini kita batasi hanya 50 pemohon. Hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi kerumunan warga. Selain itu, masyarakat yang datang wajib pakai masker dan cuci tangan sebelum masuk ruangan, sebagai upaya untuk menekan penyebaran Covid-19,” jelasnya.

Ilham menambahkan, kegiatan seperti ini sudah lama dilaksanakan untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat yang menghendaki perubahan KK, pengajuan baru, akta kelahiran dan kematian. Pelayanan hari ini sesuai pengajuan oleh desa sebanyak 50 orang.

“Pelayanan admistrasi kependudukan seperti ini tidak membutuhkan waktu yang lama. Ketika data sudah lengkap dan jaringan ada, hanya 15 menit dokumen sudah bisa dibawa pulang. Sedangkan untuk pembuatan KTP elektronik karena blanko dari pusat, maka pelayanan keliling tidak mencetak KTP elektronik. Tetapi tetap kita ajukan melalui kecamatan, kemudian kita cetak dan dikirim ke kecamatan kembali. Disini hanya kita lakukan perekaman bagi pemula,” lanjutnya.

Tidak berhenti disitu saja, pelayanan jemput bola juga dilakukan hingga rumah warga. Yaitu bagi mereka yang sedang sakit, tidak bisa pergi kemana-mana dan orang dengan gangguan jiwa, maka Dispendukcapil juga mendatangi rumah penduduk sesuai dengan pengajuan.

Pelayanan keliling sudah dilaksanakan Dispendukcail selama 3 tahun setiap hari Senin sampai Kamis. Pelayanan pun dibuka di kecamatan dan desa, sehingga masyarakat yang ingin mengajukan perubahan bisa melakukannya di tempat yang telah ditunjuk. Hasilnya juga sama, jadi tidak usah antri lama di kantor Dispendukcapil.

“Menjalang pilkada 2020 mendatang sudah kita deteksi kemungkinan akan merekam 32 ribu KTP pemula, maka dalam waktu dekat kita akan melaksanakan pelayanan keliling ke desa desa khusus perekaman bagi pemula. Dengan pelayanan keliling ini kami akan terus berupaya mempercepat pelayanan dan penyelesaiannya untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat,” pungkas Ilham. (adv/kdominfo)

Warga Kediri mendapatkan pelayanan adminduk.

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Selasa, 15 September 2020 13:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Jumat, 11 September 2020 09:50 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...