Sabtu, 31 Oktober 2020 17:50

Satgas Penanganan Covid-19 Latih Penegak Disiplin Protokol Kesehatan

Kamis, 24 September 2020 12:01 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Nur Qomar Hadi
Satgas Penanganan Covid-19 Latih Penegak Disiplin Protokol Kesehatan
Bupati Fadeli secara langsung mengukuhkan penegak disiplin melalui pemasangan rompi satgas.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Lamongan menggelar pelatihan khusus penegak disiplin protokol kesehatan di Pendopo Lokatantra Kabupaten Lamongan, Kamis (24/9).

Peserta pelatihan yang tergabung dalam penegak disiplin ini merupakan petugas penegak protokol kesehatan yang berasal dari masing-masing lingkungan kerja, baik di perkantoran, OPD, perbankan, perhotelan, atau pelaku usaha di Lamongan. Petugas penegak disiplin bertugas melakukan sosialisasi dan menegakkan protokol kesehatan di masing-masing lingkungan kerja.

Pelatihan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menyatukan pemahaman terhadap penegakan disiplin protokol kesehatan, sehingga mampu mengurangi penyebaran Covid-19. Peserta pelatihan terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP, dan petugas umum (Telkom, perbankan, perumda, cafe, hotel, BPS, dan perwakilan OPD).

“Hari ini ada 100 orang peserta. Kami terus berupaya bagaimana mendisiplinkan masyarakat. Harus terus kita sosialisasikan bahwa maskermu melindungiku, dan maskerku melindungimu,” ucap Bupati Lamongan Fadeli.

Bupati Fadeli secara langsung mengukuhkan dan membuka acara melalui pemasangan rompi satgas. Turut hadir pula Kapolres Lamongan AKBP Harun dan Dandim 0812 Letkol Inf Sidik Wiyono.

Dalam pelatihan, peserta akan diberikan beberapa materi dari 3 narasumber yang berasal dari Dinas Kesehatan, Polres Lamongan, dan Kodim 0812.

Lebih lanjut, Bupati Fadeli menargetkan agar secepatnya jumlah terkonfirmasi Covid-19 di Lamongan dapat diturunkan dari zona oranye (saat ini, update setiap minggu) menjadi zona kuning, bahkan hijau.

“Kami terus berupaya, mudah-mudahan Desember 2020 atau sebelum Pilkada Lamongan bisa menjadi zona hijau,” tambah Fadeli.

Fadeli juga berharap agar petugas yang telah dikukuhkan dan diberikan pelatihan dapat benar-benar menjadi petugas penegak disiplin protokol di tempat masing-masing, dan dapat menjadi sarana mengurangi penyebaran Covid-19 di Lamongan.

Dalam laporannya, Kepala Satpol PP Lamongan, Suprapto menyatakan bahwa pelatihan ini akan dilakukan sebanyak 4 kali di beberapa tempat yang berbeda, yakni di Pendopo Lokatantra Kabupaten Lamongan, Kecamatan Babat, Paciran, dan Ngimbang.

Pelatihan ini dilaksanakan untuk menindaklanjuti Inpres Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019, Perda Provinsi Jatim Nomor 2 tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur Nomor 1 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ketentraman, Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat, Pergub Nomor 53 Tahun 2020 tentang Penerapan Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019, serta Perbup Nomor 28 Tahun 2020 tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Covid-19. (qom/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 28 Oktober 2020 18:30 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Selama ini, masyarakat jamak mengetahui khasiat minyak kayu putih dipakai sebagai penghilang masuk angin atau perut kembung. Jarang atau belum banyak yang tahu kalau minyak tersebut berasal dari sebuah tanaman kayu putih. ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Sabtu, 31 Oktober 2020 10:28 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...