Jumat, 30 Oktober 2020 12:12

Laksanakan Instruksi Wali Kota, Dinas PUPR Mulai Eksekusi Pohon Rawan Tumbang

Jumat, 25 September 2020 15:48 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Agus Salimullah
Laksanakan Instruksi Wali Kota, Dinas PUPR Mulai Eksekusi Pohon Rawan Tumbang
Salah satu aktivitas penebangan pohon yang sudah mati di Jalan Raya Bukit Berbunga Sidomulyo.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Instruksi Wali Kota Batu Hj. Dewanti Rumpoko agar instansi terkait mewaspadai pohon rawan tumbang menjelang musim hujan, mulai ditindaklanjuti Dinas PUPR dengan melakukan penebangan pohon di sejumlah lokasi.

"Guna memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan, maka sesuai instruksi wali kota, kami secara bertahap akan melakukan penebangan pohon maupun melakukan perempesan. Sebagian pohon sudah dieksekusi," ujar Alfi Nurhidayat, Kepala Dinas PUPR Kota Batu kepada BANGSAONLINE.com, Jumat (25/9).

Ia mengungkapkan, jumlah pohon yang perlu dipotong maupun dirempes sesuai hasil pendataan BPBD Kota Batu sebanyak 70 pohon. Tersebar di tiga kecamatan di Kota Batu.

"Dari 70 pohon itu, yang harus dipotong karena kondisinya sudah mati hampir mencapai 85 persen. Sisanya hanya dirempes saja," jelasnya.

Ditemui terpisah, Plt. Kepala Pelaksana BPBD Kota Batu Agung Sedayu membenarkan jika pendataan pohon yang perlu mendapat perhatian sudah final. Menurutnya, pemotongan dan perempesan 70 pohon tersebut bukan hanya menjadi kewenangan Kota Batu, melainkan juga menjadi kewenangan provinsi.

Adapun jenis pohon yang akan ditebang dan dirempes antara lain Kayu Sono, Kayu Kembang, Mahoni, Saman, Asaman, Cemara Angin, dan sebagian Trembesi.

"Pemotongan dan perempesan pohon yang menjadi kewenangan Kota Batu sudah diatur dalam Perwali No. 44 tahun 2017 tentang izin penebangan pohon. Demikian juga untuk penebangan pohon di jalur provinsi sudah diatur dalam Peraturan Gubernur (pergub)," terang Agung Sedayu, Jumat (25/9).

"Sebelum dilakukan eksekusi, tim pemeriksa lapangan yang beranggotakan Dinas PUPR, LH, Pol PP, BPBD, Dishub, Dinas Pertanian, camat, lurah, dan kepala desa turun ke lapangan. Mengecek pohon yang akan dieksekusi tersebut," ujar Agung yang juga menjabat Kabid Bina Marga di Dinas PUPR.

Sementara itu, sebagian pohon saat ini sudah ditebang oleh Dinas PUPR di antaranya yang berlokasi di Jalan Bukit Berbunga, Sidomulyo, Kecamatan Bumiaji. Pohon-pohon itu ditebang karena adanya permintaan masyarakat.

"Sisanya akan dilakukan pemotongan dan perempesan secara bertahap. Kita potong dari yang kondisinya paling rawan dulu. Yang jelas nanti kita bersinergi dengan tim yang dari provinsi," pungkasnya. (asa/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 28 Oktober 2020 18:30 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Selama ini, masyarakat jamak mengetahui khasiat minyak kayu putih dipakai sebagai penghilang masuk angin atau perut kembung. Jarang atau belum banyak yang tahu kalau minyak tersebut berasal dari sebuah tanaman kayu putih. ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Rabu, 28 Oktober 2020 10:49 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...