Laksanakan Instruksi Wali Kota, Dinas PUPR Mulai Eksekusi Pohon Rawan Tumbang

Laksanakan Instruksi Wali Kota, Dinas PUPR Mulai Eksekusi Pohon Rawan Tumbang Salah satu aktivitas penebangan pohon yang sudah mati di Jalan Raya Bukit Berbunga Sidomulyo.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Instruksi Wali Hj. Dewanti Rumpoko agar instansi terkait mewaspadai pohon rawan tumbang menjelang musim hujan, mulai ditindaklanjuti Dinas PUPR dengan melakukan penebangan pohon di sejumlah lokasi.

"Guna memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan, maka sesuai instruksi wali kota, kami secara bertahap akan melakukan penebangan pohon maupun melakukan perempesan. Sebagian pohon sudah dieksekusi," ujar Alfi Nurhidayat, Kepala Dinas PUPR kepada BANGSAONLINE.com, Jumat (25/9).

Ia mengungkapkan, jumlah pohon yang perlu dipotong maupun dirempes sesuai hasil pendataan BPBD sebanyak 70 pohon. Tersebar di tiga kecamatan di .

"Dari 70 pohon itu, yang harus dipotong karena kondisinya sudah mati hampir mencapai 85 persen. Sisanya hanya dirempes saja," jelasnya.

Ditemui terpisah, Plt. Kepala Pelaksana BPBD Agung Sedayu membenarkan jika pendataan pohon yang perlu mendapat perhatian sudah final. Menurutnya, pemotongan dan perempesan 70 pohon tersebut bukan hanya menjadi kewenangan , melainkan juga menjadi kewenangan provinsi.

Adapun jenis pohon yang akan ditebang dan dirempes antara lain Kayu Sono, Kayu Kembang, Mahoni, Saman, Asaman, Cemara Angin, dan sebagian Trembesi.

"Pemotongan dan perempesan pohon yang menjadi kewenangan sudah diatur dalam Perwali No. 44 tahun 2017 tentang izin penebangan pohon. Demikian juga untuk penebangan pohon di jalur provinsi sudah diatur dalam Peraturan Gubernur (pergub)," terang Agung Sedayu, Jumat (25/9).

"Sebelum dilakukan eksekusi, tim pemeriksa lapangan yang beranggotakan Dinas PUPR, LH, Pol PP, BPBD, Dishub, Dinas Pertanian, camat, lurah, dan kepala desa turun ke lapangan. Mengecek pohon yang akan dieksekusi tersebut," ujar Agung yang juga menjabat Kabid Bina Marga di Dinas PUPR.

Sementara itu, sebagian pohon saat ini sudah ditebang oleh Dinas PUPR di antaranya yang berlokasi di Jalan Bukit Berbunga, Sidomulyo, Kecamatan Bumiaji. Pohon-pohon itu ditebang karena adanya permintaan masyarakat.

"Sisanya akan dilakukan pemotongan dan perempesan secara bertahap. Kita potong dari yang kondisinya paling rawan dulu. Yang jelas nanti kita bersinergi dengan tim yang dari provinsi," pungkasnya. (asa/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Dengan Santainya, Maling Gasak Motor Karyawan Pabrik di Kota Batu':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO