Sabtu, 17 April 2021 21:41

​Nulis Tafsir Al-Quran di Media Massa, Kiai Mustain Syafii: Yang Paling Sulit Mengaktualkan

Minggu, 04 Oktober 2020 12:53 WIB
Editor: MMA
​Nulis Tafsir Al-Quran di Media Massa, Kiai Mustain Syafii: Yang Paling Sulit Mengaktualkan
Dr. KH. Ahmad Mustain Syafii, M.Ag. foto: ist.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Dr. KH. Ahmad Mustain Syafii, M.Ag., Pengasuh Rubrik Tafsir Al-Quran Aktual di HARIAN BANGSA, menegaskan bahwa yang paling sulit menulis Tafsir Al-Quran di media massa adalah sikap istiqamah dan mengaktualkan.

“Kalau rujukan tafsir banyak. Tapi istiqamah dan mengalktualkan itu yang sulit,” kata Kiai Musta’in Syafii dalam Webinar bertema Tafsir Al-Quran Aktual Kemasyarakatan di Media Massa yang digelar tafsiralquran.id, Ahad (4/9/2020).

Karena itu, ia mencatat setiap peristiwa aktual yang dijumpai dalam kehidupan sehar-hari. Ia mencontohkan saat ke luar negeri. Saat berjalan di suatu tempat ia melihat seorang cewek menuntun anjing. “Di belakang cewek itu ada orang tua,” tutur Mudir Madrasatul Quran Tebuireng Jombang Jawa Timur itu.

Tiba-tiba anjing itu mengeluarkan kotoran. Tapi si cewek itu terus berjalan sambil menyeret anjingnya. Yang menarik, justru orang tua yang berjalan di belakang cewek itu yang membersihkan kotoran anjing yang tercecer di jalan.

BACA JUGA : 

Tafsir Al-Kahfi 58-59: Tuhan Tak Pernah Dendam

Tafsir Al-Kahfi 56-57: Omnibus Law, Me-neraka-kan atau Men-surga-kan?

Tafsir Al-Kahfi 54-55: Manusia Banyak Alasan

Tafsir Al-Kahfi 51-53: Memberitahukan Amal Sendiri

“Orang tua itu mengambil tisu dari tasnya. Lalu mengambil kotoran anjing itu dan membuang ke sampah,” kata kiai yang Hafidz (hafal al-Quran 30 juz) itu.

“Jadi dia (orang tua) itu tidak bengok-bengok, e.. kirik’e (anjingnya buang kotoran),” tambah Kiai Mustain Syafii sembari menegaskan bahwa perbuatan orang tua itu Islamis, meski dia belum tentu muslimah.

Nah, peristiwa seperti itulah yang kemudian dicatat oleh Kiai Mustain untuk mengaktualkan Tafsir Al-Quran yang ditulisnya. “Nanti kalau saya menulis ayat Wa’amilusshalihati, (peristiwa) itu jadi contoh," katanya.

Kiai Mustain Syafii selain dikenal sebagai pakar dan ahli tafsir, juga sangat produktif menulis Tafsir Al-Quran. Tiap hari ia menulis Tafsir Al-Quran Aktual di HARIAN BANGSA, surat kabar berkantor di Surabaya yang beredar di seluruh Jawa Timur dan sebagian di Jawa Tengah. Sebagian materi dari Tafsir Al-Quran Aktual itu dimuat di bangsaonline.com. (bersambung)  

​Mengenang Masa Lalu, Ngabuburit Sambil Bermain Meriam Bambu
Jumat, 16 April 2021 22:03 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu menunggu berbuka puasa, atau ngabuburit.Salah satunya seperti yang dilakukan bocah di Kota Pasuruan, Jawa Timur. mereka bermain meriam bambu di tanah lapang.Sepert...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 17 April 2021 05:46 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Setelah banyak mendapat dukungan dari para tokoh, dokter, dan bahkan jenderal, tampaknya uji fase II Vaksin Nusantara akan lanjut. Tentu di luar BPOM.Apa itu Ilegal? Nah, silakan ikuti tulisan Dahlan Iskan di Disway d...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 17 April 2021 11:15 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...