Selasa, 27 Juli 2021 23:15

​Cabup Qosim Diundang Tausiah Takmir Masjid Sidorukun, Tim Advokat Niat Surati Bawaslu

Sabtu, 17 Oktober 2020 22:56 WIB
Editor: Tim
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
​Cabup Qosim Diundang Tausiah Takmir Masjid Sidorukun, Tim Advokat Niat Surati Bawaslu
Ketua Harian Advokasi Irfan Choirie, bersama Ali Muchsin, dan Ponco Pratikno saat memberikan keterangan pers. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Tim Advokat Paslon Cabup dan Cawabup Nomor Urut 2, Fandi Akmad Yani dan Aminatun Habibah (Niat) melayangkan surat keberatan kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Gresik, Sabtu (17/10/2020) petang.

Langkah ini dilakukan setelah Tim Advokasi mendapatkan laporan bahwa Takmir Masjid Al Amin, di Jl. Riau Sidorukun Kecamatan Gresik mengundang KH. Moh.Qosim untuk mengisi tausiah ba'da salat Subuh pada Minggu (18/10/2020).

Ketua Harian Tim Advokasi Paslon Niat, Irfan Choirie, S.H. mengungkapkan, Takmir Masjid Al Amin, Sidorukun, Gresik untuk melaksanakan kegiatan tausiah Subuh dengan menghadirkan KH. Moh. Qosim telah memberitahukan kepada Panwascam Gresik.

"Kegiatan itu juga atas sepengetahuan kepala desa (Kades) setempat," ungkap Irfan, didampingi M. Ali Muchsin, dan Ponco Pratikno di Rumah Pemenangan Paslon Niat, Dusun Srembi Desa Kembangan, Kecamatan Kebomas, Sabtu (17/10/2020) petang.

BACA JUGA : 

Digelar 26 Februari, Tempat Pelantikan Gus Yani-Bu Min Tunggu Hasil Rapat dengan Gubernur

PDIP Gresik Gelar Tasyakuran Jelang Pelantikan Gus Yani - Bu Min 17 Februari Mendatang

Plt. Bupati Gresik Beri Respons Positif Prestasi Siswa MTs Nurul Islam Pongangan

Pemkab Gresik Klaim PPKM Efektif Tekan Angka Covid-19

Menurut Irfan, dalam surat keberatan ke Bawaslu terkait rencana kegiatan Qosim di Masjid Sidorukun sebagai bentuk preventif (pencegahan).

Mengingat, masjid adalah sarana umum. Milik masyarakat banyak. Terlebih, dalam peraturan perundangan sangat gamblang, masjid merupakan salah satu fasilitas umum yang dilarang untuk kampanye Pilkada. 

"Pak Qosim itu cabup. Terlepas undangan tausiyah itu kapasitasnya kiai, atau apa, yang pasti Pak Qosim itu cabup pada Pilkada Gresik 2020. Dan, itu melekat," jelas Irfan.

"Untuk itu, kami selaku Tim Hukum Niat keberatan. Sebab, Qosim adalah calon bupati. Sarana masjid potensi untuk digunakan kampanye," imbuhnya.

Faktor lain, lanjut Irfan, tim Advokasi Paslon Niat keberatan karena potensi terjadi masalah. Sebab, masjid adalah milik umum. "Makanya, sebelum terjadi apa-apa, Tim Hukum Niat melayangkan keberatan kepada Bawaslu," katanya.

Irfan mengaku sangat percaya Bawaslu akan berlaku fair dan netral dan bertindak profesional dalam menuntaskan persoalan selama tahapan Pilkada Gresik 2020.

Hal ini terbukti saat Paslon Niat dilaporkan Hariyadi, S.H., M.H. ke Bawaslu lantaran membuat kontrak politik berupa MoU dengan Barisan Guru Gresik (Barugres), Bawaslu pun langsung memprosesnya. "Bawaslu profesional. Kami sangat mengapresiasi kinerja Bawaslu," katanya.

Namun Irfan mengatakan dalam laporan kontrak politik Paslon Niat dengan Barugres ke Bawaslu, ada tengara upaya untuk menggiring agar paslon Niat didiskualifikasi dari peserta Pilkada Gresik 2020, sehingga Pilkada Gresik hanya muncul paslon tunggal.

"Kami ingin Pilkada Gresik kondusif, jujur, dan adil. Jangan sampai ada pihak-pihak yang ambisius untuk menjadi dan memenangkan paslon tertentu sebagai pemenang pilkada dengan menghalalkan segala cara," pungkasnya. (hud)

Warga Sambisari dan Manukan Kulon Menolak Sekolah Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Corona
Senin, 26 Juli 2021 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Korban Covid-19 yang terus berjatuhan mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memperluas tempat isolasi pasien yang sedang terpapar virus corona. Berbagai fasilitas gedung – termasuk sekolah – direncana...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...