Cabup dan Cawabup Nomor Urut 2 Siapkan Insentif Ketua RW dan RT

Cabup dan Cawabup Nomor Urut 2 Siapkan Insentif Ketua RW dan RT Paslon Niat bersama para petinggi parpol pengusung dalam sebuah acara, beberapa waktu lalu. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Cabup dan Cawabup Gresik Nomor Urut 2, Fandi Akhmad Yani dan Aminatun Habibah (Niat) menyiapkan sejumlah program untuk meningkatkan kesejahteraan perangkat desa.

"Salah satu program Niat sebagai perhatian terhadap perangkat desa yaitu dengan memberikan insentif," ujar Ketua Tim Pemenangan Niat, Khoirul Huda kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (28/10/2020).

Menurut Huda, saat ini perangkat desa seperti RW dan RT hanya menerima uang operasional Rp 1 juta se-tahun. Padahal, RW dan RT sebagai ujung tombak pemerintahan tingkat paling bawah, mengemban tugas sangat berat.

Mereka menjadi jujukan pertama warga yang ingin mengurus dan menyelesaikan keperluan administrasi atau dokumen kependudukan. "Jadi, dengan uang operasional hanya Rp 1 juta setahun jauh dari cukup," terangnya.

Untuk itu, kata Huda, Gus Yani dan Bu Min telah menyiapkan program insentif untuk para RW dan RT. "Besaran insentif yang disiapkan Niat tahap awal antara Rp 200-250 ribu per bulan," ungkapnya.

Selain insentif, Gus Yani dan Bu Min juga akan memfungsikan RW dan RT sebagai bagian dari penggerak pembangunan dan pendataan warga miskin.

"RW dan RT akan dibuatkan aplikasi pendataan warga miskin by name by address and by picture (data berisi nama, alamat, dan gambar). Sehingga kejadian apapun soal kemiskinan di Kabupaten Gresik segera bisa ditangani dengan cepat," pungkasnya. (hud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO