Rabu, 02 Desember 2020 19:03

Alun-alun Desa Diharap Mampu Dongkrak Ekonomi Warga di Tengah Pandemi

Rabu, 28 Oktober 2020 16:45 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Gunawan Wihandono
Alun-alun Desa Diharap Mampu Dongkrak Ekonomi Warga di Tengah Pandemi
Peresmian Alun-alun Desa Karangagung ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Tuban, H. Fathul Huda.

TUBAN, BANGSAONLINE.com – Pandemi Covid-19 menuntut seluruh lapisan masyarakat untuk terus berinovasi. Seperti yang dilakukan Pemerintah Desa Karangagung, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban dengan membangun alun-alun desa, Rabu (28/10/2020). Tempat tersebut diharapkan menjadi pusat pertemuan warga guna mendongkrak perekonomian masyarakat desa.

Alun-alun Desa Karangagung ini diresmikan oleh Bupati Tuban, H. Fathul Huda ditandai dengan penandatanganan prasasti. Dalam sambutannya, Bupati Huda mengaku bangga atas diresmikanya Alun-alun Desa Karangagung.

Menurutnya, pembangunan alun-alun tersebut menjadi salah satu wujud kepedulian dan keberhasilan kepala desa, perangkat desa, dan dukungan warga Karangagung. Bupati Huda yakin keberadaan Alun-alun Desa Karangagung bakal memiliki fungsi yang beragam.

"Selain menjadi tempat rekreasi, juga mampu menciptakan lapangan kerja baru, sekaligus menggerakkan ekonomi warga. Karenanya, dapat dicontohkan desa lain di Tuban," ungkapnya.

Bupati Huda juga berharap tiap-tiap desa bisa mengoptimalkan potensi yang dimiliki. Sebab, desa menjadi ujung tombak pembangunan daerah.

"Selama ini Pemkab Tuban selalu memberikan perhatian pada pembangunan desa. Di antaranya, meningkatkan kesejahteraan kepala desa dan perangkat desa, mendaftarkan perangkat desa menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan yang didanai APBDes. Kabupaten Tuban menjadi yang pertama mendaftarkan perangkat desanya yang didanai APBDes," jelasnya.

Tidak hanya itu, Pemkab Tuban berkomitmen mencairkan Dana Desa (DD) di awal tahun dengan tujuan mempercepat upaya membangun desa sehingga perputaran uang di desa terjadi lebih awal. Selain itu, terus meningkatkan infrastruktur jalan poros desa maupun kabupaten, dengan tujuan memudahkan mobilitas masyarakat dan memaksimalkan pergerakan perekonomian masyarakat.

"Terima kasih kepada masyarakat Tuban yang selalu mendukung program pemerintah daerah. Tidak hanya itu, kerukunan antar masyarakat terjaga yang ditunjukkan dengan Indeks Kerukunan Umat Beragama mencapai poin 80, lebih tinggi dari standar nasional," tuturnya. 

Kepala Desa Karangagung, Aji Agus Wiyoto, menyebutkan pembangunan Alun-alun Desa Karangagung beserta kelengkapannya menelan biaya kurang lebih Rp 2 Milyar yang bersumber dari Dana Desa Karangagung. Pembangunan Alun-alun diharapkan menjadi icon desa, yang menggambarkan mayoritas warga berprofesi menjadi nelayan.

"Semoga dengan tempat ini dapat dimanfaatkan warga untuk berekreasi, dan tempat bertemunya antar warga, sehingga mampu meningkatkan ekonomi warga desa. Kami sampaikan terima kasih atas kunjungan bapak Bupati. Ini menjadi kebanggaan bagi kami,” ujarnya. (gun)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Selasa, 01 Desember 2020 16:52 WIB
PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com – Meletusnya Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, tidak mengakibatkan kenaikan material vulkanik di Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo.Namun demikian, status Gunung Bromo tetap level II atau waspada. Sehingga pengunju...
Sabtu, 28 November 2020 22:34 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Nahdlatul Ulama (NU) punya khasanah (bahasa) baru: Neo Khawarij NU. Istilah seram ini diintroduksi KH Imam Jazuli, LC, MA, untuk mestigmatisasi kelompok kritis NU: Komite Khittah Nahdlatul Ulama (KKNU). Khawarij ...
Sabtu, 28 November 2020 15:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Sabtu, 28 November 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...