Bak Daya Lekung, Cara Kreatif Pemkab Banyuwangi Dorong Warganya Konsumsi Ikan

Bak Daya Lekung, Cara Kreatif Pemkab Banyuwangi Dorong Warganya Konsumsi Ikan Bupati Abdullah Azwar Anas saat melakukan panen ikan. (foto: ist)

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Makan ikan memiliki banyak manfaat bagi tubuh, karena ikan merupakan salah satu sumber protein yang baik bagi tubuh dan juga mengandung nutrisi lain. Begitu besarnya manfaat mengonsumsi ikan, Pemkab Banyuwangi terus mengajak warganya melakukan budi daya dan rajin makan ikan.

Caranya pun cukup kreatif, yakni dengan menggunakan bak daya lekung (budidaya lele kangkung). Warga bisa beternak ikan lele dan menanam sayuran dalam sebuah bak (timba besar).

Program tersebut dikenalkan langsung oleh Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas dalam acara Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di destinasi wisata Kali Badeng, Desa Sumber Bulu, Kecamatan Songgon, Rabu (18/11/2020) kemarin.

Acara tersebut diikuti tim penggerak PKK, ibu-ibu dasawisma, dan kelompok pengawas masyarakat (pokwasmas) perikanan.

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas menjelaskan bahwa pemkab terus mendorong peningkatan konsumsi ikan di kalangan masyarakat. Budidaya ikan secara mandiri adalah salah satu cara yang bisa dilakukan warga untuk meningkatkan konsumsi ikan. Seperti lewat bak daya lekung, di mana dalam satu bak seseorang bisa beternak lele sekaligus bertanam kangkung untuk konsumsi sehari-hari.

"Ini adalah bagian dari upaya peningkatan ketahanan pangan warga. Di masa pandemi ini, kita harus lebih kreatif, sehingga bisa tetap produktif dalam situasi sulit ini. Ya seperti budidaya lewat bak daya lekung ini," kata Anas saat hadir dalam kegiatan tersebut.

Anas berharap agar ibu-ibu dasawisma bisa memanfaatkan bak daya lekung ini untuk memenuhi kebutuhan konsumsi sehari-hari. Ada kangkung yang bisa diolah untuk memenuhi kebutuhan sayuran, serta ikan lele yang bisa dijadikan lauk harian.

"Paling tidak, untuk lauk dan sayur setiap hari mereka bisa memanen sendiri di pekarangan rumahnya," kata Anas.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO