Sabtu, 17 April 2021 18:51

​Pemkab Sidoarjo Kebut Pembangunan Kawasan Industri Halal, Februari Pengurukan Selesai

Sabtu, 05 Desember 2020 09:24 WIB
Editor: Tim
Wartawan: Mustain
​Pemkab Sidoarjo Kebut Pembangunan Kawasan Industri Halal, Februari Pengurukan Selesai
Gubernur Khofifah didampingi Pj. Bupati Hudiyono meninjau lahan KIH di Sidoarjo, 29 November 2020. foto ist/ bangsaonline.com

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Pemkab Sidoarjo mulai menyiapkan pembangunan Kawasan Industri Halal (KIH). Saat ini pemkab mulai menguruk lahan tersebut. Ini merupakan satu-satunya di Jatim.

"Sekarang sedang proses pengurukan ya. Dan mudah-mudahan Januari dan Februari selesai proses pengurukan. Dan kemudian ada tim dari Jakarta yang akan ke sini melakukan verifikasi," cetus Dr. Hudiyono, Penjabat (Pj.) Bupati Sidoarjo, Jumat (3/12).

Hudiyono menambahkan, dari 410 hektare lahan yang dipersiapkan, ada 148 hektare yang siap dijadikan Kawasan Industri Halal. Dan Pemkab Sidoarjo menyambut baik penunjukan tersebut.

"Karena memang luas wilayah untuk sistem industrinya luas sekali, areanya sudah siap, masyarakatnya juga sudah siap," ujarnya.

BACA JUGA : 

Genjot Investasi di Kota Delta, Gus Muhdlor Gelar Coffee Morning Bersama Puluhan Pengusaha

Peduli Kelestarian Satwa, Bandell Lighting Jadi Orang Tua Asuh Buaya KBS

Percantik Kota Delta, Gus Muhdlor Libatkan Arsitek Nasional Andra Matin

Gampang Rusak Akibat Luapan Sungai, Jalan Beciro Sidoarjo Akan Dibeton 1,7 Km

Kepala Dinas Penanamam Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sidoarjo, Ari Suryono menyebut pihaknya akan mendukung kemudahan perizinan untuk kawasan industri halal yang dibuat di sebagian kawasan Safe N Lock.

"Industri halal perlu didorong, karena begitu besarnya potensi produk halal, baik di dalam atau luar negeri," kata Ari.

Sebelumnya diberitakan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, berdirinya KIH di Jatim akan mendorong perkembangan industri produk halal di Indonesia. Ia berharap produk makanan halal di Indonesia tembus sepuluh besar dunia.

Saat ini produk fashion halal Indonesia telah menjadi yang terbesar kedua di dunia. Ia juga berharap semakin banyak produk halal yang berkualitas. Baik untuk pasar konsumsi dalam negeri maupun untuk melayani kebutuhan produk halal dunia.

Jumlah penduduk muslim dunia sangat besar. Menurut Global Population (2019), penduduk muslim dunia tercatat 24 persen. Setara 1,9 miliar orang. Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk muslim terbanyak di dunia. Saat ini tercatat 229 juta jiwa.

"Ini potensi sekaligus peluang yang bisa dimanfaatkan IKM dan UKM asal Jatim untuk menjadi pemain global dalam industri makanan halal," kata Khofifah Minggu (29/11), saat mengunjungi bakal lokasi KIH Jatim di Safe N Lock Eco Industrial Park, di Lingkar Timur Sidoarjo. (sta)

​Mengenang Masa Lalu, Ngabuburit Sambil Bermain Meriam Bambu
Jumat, 16 April 2021 22:03 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu menunggu berbuka puasa, atau ngabuburit.Salah satunya seperti yang dilakukan bocah di Kota Pasuruan, Jawa Timur. mereka bermain meriam bambu di tanah lapang.Sepert...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 17 April 2021 05:46 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Setelah banyak mendapat dukungan dari para tokoh, dokter, dan bahkan jenderal, tampaknya uji fase II Vaksin Nusantara akan lanjut. Tentu di luar BPOM.Apa itu Ilegal? Nah, silakan ikuti tulisan Dahlan Iskan di Disway d...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 17 April 2021 11:15 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...